-->
    |

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.
Loading...
DomaiNesia

Teknik Passing Atas pada Bola Voli

Teknik Passing Atas pada Bola Voli
Ket Foto : Teknik Passing Atas pada Bola Voli

MEDIAPENDAMPING.COM - Nasional Permainan bola voli membutuhkan kerja sama antar pemain sebagai sebuah tim ketika bertanding di lapangan.


Contoh dari kerjasama antar pemain di lapangan adalah dengan melakukan operan atau memberi bola kepada rekan setim.


Dalam buku Teknik Dasar Bermain Bola Voli (2013) karya Winarno, operan atau passing dalam bola voli adalah upaya memindahkan bola dengan suatu teknik tertentu dalam wilayah permainan sendiri.


Teknik passing dalam permainan bola voli perlu dipelajari sebagai dasar seorang pemain mampu memainkan bola di udara dalam jangka waktu lama.


Salah satu kemampuan dasar mengoper bola yang dapat dikuasai oleh seorang pemain bola voli adalah teknik passing atas.


Baca Juga : 

••  Liverpol Libas Aston Villa, Mohamed Salah: Masih Bisa Raih 4 Besar

••  Khabib Nurmagomedov Petarung Paling Menakutkan di UFC, Georges St-Pierre : Hancurkan Mental Lawannya

••  Masuk Tim Terbaik Piala AFC, Boaz Solossa dan Riko Simanjuntak Terpilih Melalui Voting


Pengertian passing atas

Teknik passing atas merupakan cara mengoper bola yang dilakukan melalui persentuhan bola dengan ujung jari tangan pada saat bola datang setinggi bahu atau lebih tinggi.


Biasanya passing atas dilakukan ketika membangun serangan, tepatnya dengan memberikan bola kepada smasher atau spiker.


Sehingga, bola hasil teknik passing atas harus mudah diterima atau berada dalam posisi optimal untuk melakukan pukulan serangan (smash atau spike).


Seorang pemain memiliki tiga tahapan ketika melakukan teknik passing atas dalam permainan bola voli kepada rekan setimnya.


Tahapan dalam melakukan teknik passing atas dalam permainan bola voli dibagi menjadi persiapan, persentuhan atau perkenaan, dan sikap akhir.


Persiapan dalam melakukan teknik passing atas adalah dengan mengambil sikap normal, mengambil tumpuan kaki selebar bahu, kemudian tangan siap di depan dada.


Kemudian perkenaan atau persentuhan bola dengan jari terjadi, dengan posisi jari-jari tangan ditegangkan sedikit.


Persentuhan bola dengan jari-jari yang tepat pada passing atas bola voli adalah mengenai ujung jari pada ruas pertama dan kedua ibu jari.


Dilanjutkan dengan sikap akhir passing atas, yakni lengan bergerak lurus sebagai suatu gerakan lanjutan serta menjaga keseimbangan badan serta pandangan mata terarah pada bola. (Jos)

 
Komentar

Berita Terkini