|

Loading...

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.

Panitia Ulaon Artia Sipaha Sada Taon Baru Batak 3 Maret 2022

 

Panitia Ulaon Artia Sipaha Sada Taon Baru Batak 3 Maret 2022
Ket Foto : Panitia yg hadir saat Konfrensi Pers Harry Boss Sidabutar,  Nana Ruth Panjaitan,  Tiurma Sinaga,  Friska RH,  Chandra Sinambela,  Leonard Tampubolon
MEDIA9PENDAMPING.COM | Tomok - Indonesia dengan kekayaan budayanya yang luar biasa menjadikan potensi yang menjanjikan bila semakin digali dan dimanage secara baik dan serius, serta melibatkan semua element sebagai sumber kekuatan di sektor indsutri budaya yang luar biasa ini.


Bangso Batak adalah salah satu suku diantaranya yang mendiami pulau Samosir dan daerah pinggiran danau Toba di Wilayah Sumatera Utara bahkan sudah tersebar keberbagai penjuru di Indonesia bahkan luar negeri.


Penggalian dan analisa dari berbgai sumber serta pelaku budaya batak, yang dimana Batak  disamping budaya/adat yang begitu kental mulai dari kelahiran hingga kematian semua ada tercampurkan dengan budayanya serta hasil karya budayanya yang salah satunya ulos.


Aksara batak juga menjadi media komunikasi secara tulisan dalam kelanjutan  budayanya dari puluhan tahun hingga ratusan tahun bahkan mungkin ribuan tahun dari generasi ke generasi.


Dalam penghitungan penanggalan hari, bulan dan tahun  Bangso Batak juga sudah ada sejak dulu. Dari hal tersebut dengan sumber yang tepat dan benar perhitungannya untuk waktu Tahun Baru Batak jatuh pada 3 Maret 2022,yang setiap tahunnya akan berubah mengikuti kalender masehi.


Sebagai yang cinta budaya batak dengan keinginan dan kerinduan akan kekayaan budayanya membuat semangat terbentuknya PANITIA TAON BARU BATAK atau yang disebut juga ULAON ARTIA SIPAHA SADA 3 Maret 2022 yang diprakarsai dan mendapat panggilan untuk hal tersebut yaitu tokoh masyarakat Tomok-Samosir Bapak. Harry Boss Sidabutar  untuk melaksanakan dan menyelenggarkan acara Perayaan ini, yang merupakan warisan budaya sehingga acara ini menjadi acara perdana di Dunia sebagai Perayaan Tahun Baru Batak pertama yang dilaksanakan secara terbuka sebagai EVENT BUDAYA yang akan dilaksanakan di Tomok, Kec. Simanindo Kab. Samosir pada 3 Maret 2022 nanti.


Perayaan ini akan melibatkan semua element masyarakat secara khusus yang ada di Tomok dan seluruh masyarakat Bangso Batak dimanapun berada serta stake holder Pemerintah Pusat,Provinsi serta Pemerintah Daerah Kabupaten Samosir,  dan Swasta. 


Dalam Perayaan tersebut unsur budaya Batak akan sangat kental sekali menjadi kesatuan yang menghibur seperti : Tor tor, Gondang, Ulos, Mariam Bambu,Opera Batak, Hiburan musik, kembang api, kuliner,perlombaan dan festival  dan yang lain-lainnya.


Panitia sangat berharap Budaya sebagai salah satu industri besar dengan Event TAON BARU BATAK ini menjadi salah satu event Tahunan Budaya bagi Bangso Batak yang akan dapat mendongkrak peningkatan sektor perekonomian melalaui Sektor Parawisata dengan semakin banyaknya wistawan lokal atau mancanegara yang datang dapat mengikuti event-event budaya di Samosir dan daerah-daerah pinggiran Danau Toba atau dimanapun Perayaan Taon Baru Batak ini diselenggrakan.


Ketua Panitia Harry Boss Sidabutar didampingi Nana Ruth Panjaitan sebagai Bendahara serta semua susunan Panitia akan semaksimal mungkin untuk mewujudkan acara perayaan Taon Baru Batak ini dapat terlaksana dengan baik.


Panitia yg hadir saat Konfrensi Pers Harry Boss Sidabutar,  Nana Ruth Panjaitan,  Tiurma Sinaga,  Friska RH,  Chandra Sinambela,  Leonard Tampubolon


Panitia juga berharap semua unsur masyarakat batak terkhusus Pemerintah Daerah Kab.Samosir mulai dari Bupati, Camat,Lurah hingga Kepala Desa dan Swasta dapat bergandengan bersama-sama dengan Panitia ujar Sekertaris Panitia Chandra Sinambela saat Konfrensi Pers dan Rapat Kerja Panitia Ulaon Arti Sipaha Sada – Taon Baru Batak  pada 22 Januari 2022 di Kantor Sekretariat Panitia Jl. Soributtu ( Pelabuhan Pariwisata ) No.4 Tomok-Parsaoran. (Leonard Tampubolon)



Tomok, 22 Januari 2022

 
Komentar

Berita Terkini