-->
    |

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.
Loading...
DomaiNesia

Kebiasaan - Kebiasaan yang Membuat Stres di Pagi Hari

 

6 Kebiasaan yang Membuat Stres di Pagi Hari
Ket Foto : Cukup Tidur Antara 7 - 9 Jam Setiap Malam, Membuat Badan Menjadi Segar Dipagi Hari

MEDIAPENDAMPING.COM | Medan - Cara Anda mengawali pagi terkadang menjadi kunci kesuksesan dalam menjalani hari. Tak jarang, ketika mood di pagi hari sudah berantakan, maka hari yang Anda hadapi menjadi lebih berat.


Oleh karenanya, langkah pertama untuk menciptakan rutinitas pagi yang mendukung kesehatan mental adalah menghentikan kebiasaan yang meningkatkan tingkat stres.


Berikut tujuh kebiasaan yang mungkin membuat Anda stres di pagi hari, menurut para ahli.


Baca Juga :

••  Ingin Awet Muda? Lakukan 5 Kebiasaan Berikut Dalam Hidup Anda

••  Rawat Ginjal Anda, 4 Kebiasaan Yang Menyebabkan Ginjal Anda Rusak

••  Manfaat Lidah Buaya Untuk Pria, Diantaranya Untuk 'Pelumas'


1. Kurang tidur

Banyak orang bersumpah bangun pagi agar bisa meluangkan waktu bagi diri mereka sendiri untuk bermeditasi, berolahraga, atau melakukan sesuatu yang mereka sukai sebelum hari kerja.


Namun, para ahli sepakat bahwa kurang tidur dapat mempersulit Anda melakukan aktivitas perawatan diri lainnya.


"Tidur yang tidak memadai mendorong sistem saraf simpatik menjadi over-drive, yang berarti bahwa jantung Anda akan berdetak lebih cepat dan Anda akan menafsirkan hal-hal sebagai lebih stres dan kewalahan daripada yang sebenarnya," kata Prichard, seperti dilansir Insider.


Ahli saraf sebelumnya mengatakan kepada Insider bahwa rata-rata orang dewasa membutuhkan 7 hingga 9 jam tidur setiap malam.


Para ahli juga memperingatkan bahwa jam alarm tradisional dapat membangunkan Anda dalam keadaan panik.


"Ini membangunkan Anda dengan tersentak dan dapat menyebabkan lonjakan hormon stres," kata Cynthia Geyer, direktur medis di Canyon Ranch Lenox di Massachusetts.


Alih-alih mengandalkan alarm, Prichard merekomendasikan untuk memberi diri Anda cukup waktu antara waktu tidur dan waktu yang Anda butuhkan untuk bangun agar Anda dapat bangun secara alami.


2. Tidak mempersiapkan diri pada malam sebelumnya

Cara terbaik untuk mencegah rasa stres di pagi hari adalah dengan merencanakannya pada malam sebelumnya.


Profesor psikologi dan ilmu saraf di University of St. Thomas di Minnesota, Roxanne Prichard, merekomendasikan untuk menata pakaian, mengemas makan siang anak-anak Anda, dan bahkan memutuskan apa yang ingin Anda santap untuk sarapan malam sebelumnya agar pagi Anda lebih lancar, terutama jika Anda bukan orang yang suka bangun pagi.


3. Cek media sosial

Tampaknya wajar untuk memeriksa ponsel kita di pagi hari untuk mencari email, berita terbaru, atau untuk tetap terhubung dengan teman di media sosial.


Geyer menunjukkan bahwa ada hubungan siklus antara mengalami peristiwa yang membuat stres dan konsumsi berita.


Jika berita memicu respons stres dan trauma, dia merekomendasikan untuk membatasi konsumsi berita menjadi sekitar 30 menit pada pagi hari dan 30 menit pada sore hari.


Prichard setuju bahwa cara terbaik untuk mengelola penggunaan media sosial adalah dengan menetapkan periode terbatas untuk memeriksanya.


4. Segera minum kopi

Anda mungkin ingin menghindari minum secangkir kopi pagi segera setelah Anda bangun untuk menghindari lonjakan kortisol, hormon yang dilepaskan saat kita stres, kata Geyer.


"Kebiasaan yang meningkatkan kortisol dapat menyebabkan lonjakan pagi yang lebih tinggi dan berkontribusi pada lebih banyak gejala yang berhubungan dengan stres seperti peningkatan detak jantung dan perasaan stres serta kecemasan," paparnya.


Dia melanjutkan: "Kafein meningkatkan kortisol dan adrenalin secara mandiri, dan konsumsi waktu dengan tingkat pagi yang lebih tinggi secara alami dapat menyebabkan respons stres yang meningkat."


Geyer kemudian merekomendasikan minum kopi Anda sekitar tiga jam setelah bangun tidur.


5. Tidak membawa momen kegembiraan ke pagi hari

"Rutinitas pagi tidak harus membosankan," kata Prichard.


"Masukkan daftar putar lagu favorit yang membuat Anda menari, atau lakukan bacaan inspiratif satu halaman singkat dalam buku motivasi atau lucu."


Cara terbaik untuk membuat pagi Anda lebih mudah adalah dengan melakukan sesuatu yang membuat Anda menantikannya.


Bagi sebagian orang, meditasi membantu mereka merasa lebih tenang di pagi hari. Yang lain senang berolahraga, menulis jurnal, atau melakukan hobi.


"Cara favorit saya untuk memulai hari saya adalah berjalan-jalan dengan anjing saya ke kedai kopi lingkungan," kata Prichard.


Cara lain untuk menghadirkan momen kegembiraan di pagi hari adalah melalui rasa syukur.


Geyer merekomendasikan untuk memikirkan satu orang yang Anda syukuri di pagi hari.


Pada malam hari, dia juga merekomendasikan membuat jurnal tentang apa pun yang membuat Anda stres diikuti dengan tiga hal yang Anda syukuri, mengatakan itu dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dan memungkinkan Anda untuk bangun dengan lebih santai keesokan harinya.


6. Tidak membahas rutinitas pagi dengan keluarga atau teman sekamar

Prichard mengatakan sangat penting untuk memahami bagaimana orang lain yang tinggal dengan Anda berurusan dengan pagi hari.


"Solusi penting adalah memahami dan bekerja dengan ritme sirkadian di rumah Anda," katanya. "Suamiku bukan orang yang suka bangun pagi. Oleh karena itu, aku berusaha memberinya banyak ruang dan waktu untuk bangun."


Jika Anda memiliki anak, dia merekomendasikan untuk merencanakan pagi mereka pada malam sebelumnya sehingga membantu mereka bersiap-siap tidak menambah stres pada rutinitas Anda sendiri. (Junita Siagian)


DomaiNesia



Cara Cepat Hamil



 
Komentar

Berita Terkini