|

Loading...

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.

Karena Obama, Presiden AS Donald Trump Dikatakan Mundur Dari Perjanjian Nuklir Iran

Donald Trump dan beberapa mantan Presiden AS 
MEDIAPENDAMPING.com - Duta Besar Inggris untuk Amerika Serikat Kim Darroch meyakini Donald Trump menarik diri dari perjanjian nuklir Iran disebabkan ada nya keterkaitan dengan pendahulunya Barack Obama. Hal itu terungkap dalam memo diplomatik Darroch yang bocor pada Sabtu.

"Pemerintahan telah diatur atas tindakan vandalisme diplomatik, tampaknya karena alasan ideologis dan personal - itu adalah kesepakatan Obama," tulis Kim Darroch dalam kabel diplomatik seperti dilansir AFP.

Dalam sebuah kabel yang sudah dikirim setelahnya, Darroch mengindikasikan ada divisi dalam tim Trump bertanggung jawab atas keputusan tersebut, dan dia mengkritik Gedung Putih karena disebabkan kurangnya strategi jangka panjang.

"Mereka tidak bisa mengartikulasikan strategi 'hari berikutnya' dan kontak dengan Departemen Luar Negeri pagi ini menunjukkan tidak ada rencana untuk menjangkau mitra dan sekutu, baik di Eropa atau kawasan," tulisnya dalam memo rahasia itu.

Informasi tersebut terdapat dalam bagian kedua dari laporan yang bocor sebagaimana diterbitkan oleh surat kabar Mail on Sunday. Sedangkan laporan pertama menyebabkan Darroch mengundurkan diri awal pekan ini.

Sementara itu, Sunday Times melaporkan kalau pihak berwajib telah mengidentifikasi orang yang diduga membocorkan kabel diplomatik tersebut. Tersangka diduga memiliki akses ke file-file sejarah Kantor Luar Negeri.

Beberapa waktu lalu, kebocoran kawat diplomatik yang ditulis Darroch untuk pemerintah menimbulkan ketegangan antara Inggris dan AS.

Dalam kawat diplomatik itu, Darroch mengatakan Trump tidak kompeten. Trump pun membalasnya dengan menuding Darroch sebagai "orang bodoh sombong" dan dia tak mau lagi berurusan dengannya.

Darroch undur diri pada Rabu karena merasa tidak sanggup lagi melaksanakan tugas.
 
Komentar

Berita Terkini