-->
    |


Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.
Loading...
DomaiNesia

Cara Merawat dan Memperbaiki Rambut Rusak

Merawat & Memperbaiki Rambut rusak

MEDIAPENDAMPING.com - Secara teknis, rambut rusak berarti kutikula rambut telah retak,pecah atau memudar. Nah disini akan dibahas Cara Merawat & Memperbaiki Rambut rusak adalah :

1. Biarkan rambut mengering secara alami

Setelah mencuci rambut, bungkus dengan kemeja katun. Handuk terbuat dari bahan yang sangat kasar dan dapat merusak rambut, sehingga rambut menjadi kusut dan bercabang. Hindari menyikat rambut saat masih basah, karena dapat melemahkan rambut. Gunakan sisir bergigi lebar untuk memisahkan simpul saat rambut masih basah.

Cobalah untuk tidak menggunakan pengering rambut. Rambut yang sehat tidak merespon dengan baik terhadap panas. Rambut gampang rusak oleh panas, terutama disebabkan oleh pengering rambut. Kalau Anda perlu menggunakan pengering rambut, keringkan pada suhu rendah dan batasi penggunaannya seminggu sekali.

Kalau Anda mencuci rambut sebelum tidur di malam hari, goyangkan dan biarkan sampai kering semalaman. Rambut akan mengering di pagi hari.

2. Gunakan kondisioner yang cocok dengan jenis, panjang              rambut, dan kerusakan warna

Cara yang benar adalah menggunakan kondisioner setiap kali Anda selesai keramas, bahkan jika rambut terkena proses kimia atau dicat membutuhkan perawatan lebih dari rambut alami.
Lakukan tindakan kondisi mendalam seminggu sekali. Gunakan produk yang bisa Anda beli di toko atau coba gunakan bahan-bahan buatan sendiri.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk merawat kondisi rambut sesuai dengan jenis rambut:

- Untuk rambut halus: Jika rambut kamu sangat rapuh, gunakan perawatan minyak sayur sebelum menggunakan sampo. Misalnya, gunakan minyak lavender atau pohon teh dan oleskan di bawah kutikula rambut sebelum dicuci dengan sampo. Bilas rambut dan oleskan kondisioner dari pusat rambut ke ujung rambut. Diamkan sebentar sebelum dicuci.

- Untuk rambut sedang hingga tebal, gunakan pelembab dengan kandungan air alami. Hanya sedikit AC. Oleskan kondisioner ke seluruh rambut dan biarkan selama 2-3 menit.
Hati-hati saat menggunakan produk yang mengandung terlalu banyak protein. Terlalu banyak protein membuat rambut kering dan rapuh. Protein adalah bahan utama rambut yang sehat, jadi gunakan kondisioner yang mengandung bahan-bahan seimbang.

Serum kontrol rambut terjerat dapat digunakan dalam jumlah kecil untuk merawat rambut kusut. Pastikan Anda tidak menggunakannya terlalu banyak dan mencuci rambut seminggu sekali dengan shampo pembersih dalam untuk mencegah penumpukan sisa sampo di rambut Anda, karena ini akan membuat rambut Anda kusam dan mudah patah.

3. Cuci rambut Anda dengan benar dengan sampo berkualitas      baik.

Tidak sedikit orang berpikir kalau mencuci rambut terlalu sering dapat mengeringkannya, menghilangkan minyak alami dan merusaknya. Cuci rambut Anda dengan sampo setiap hari. Beberapa orang hanya mencuci rambut dua kali seminggu.

Gunakan shampo yang tidak mengandung sulfat dan paraben. Sulfat adalah bahan kimia yang menghasilkan sampo busa. Paraben adalah pengawet yang menyebabkan iritasi dan masalah mata setelah digunakan dalam waktu lama. Kedua bahan kimia ini berbahaya bagi lingkungan. Jadi cobalah menggunakan sampo dengan pembersih alami.

Pilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Jangan gunakan shampo yang sebelumnya. Cari sampo yang tepat untuk Anda.
Rambut keriting atau kasar membutuhkan shampo yang dapat meminimalkan kusut dan melembutkan rambut.
Rambut lurus atau berminyak membutuhkan sampo lembut yang dirancang khusus untuk keramas setiap hari.
Rambut berwarna memerlukan shampo yang diperkuat dengan ekstrak asam atau asam amino, karena warna rambut sebenarnya dapat merusak rambut.
Rambut kering membutuhkan sampo yang mengandung gliserin dan kolagen untuk membantu mengembalikan kelembapan pada rambut.

Makan lah makanan sehat dan berikan jumlah vitamin yang tepat untuk rambut. Karena rambut terbuat dari protein, pastikan untuk makan dengan menu berbasis protein seimbang


 
Komentar

Berita Terkini