-->
    |
Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.
Loading...

5 Gejala Diabetes Yang Harus Kita Waspadai

Diabetes melitus adalah kumpulan gejala yang timbul pada seseorang karena peningkatan kadar glukosa darah, yang terjadi akibat kekurangan insulin baik absolut maupun relatif

MEDIAPENDAMPING.com - Kalau kita membicarakan tentang diabetes, maka hal pertama yang akan terpikir biasanya adalah kadar gula darah yang sangat tinggi. Hanya saja, penyakit ini cenderung tidak menunjukkan gejala yang jelas sehingga seringkali tidak disadari. Kemudian, adakah beberapa gejala diabetes yang patut untuk kita waspadai?

Beberapa gejala diabetes yang sebaiknya kita perhatikan
Banyak orang mengenali gejala diabetes layaknya rasa haus yang berlebihan dan selalu muncul meski sudah banyak minum, sering buang air kecil, hingga seringnya mengalami mati rasa atau kesemutan pada tangan dan kaki. Selain itu, ternyata ada gejala-gejala lain yang juga bisa muncul akibat masalah kesehatan ini.

1. Penurunan pendengaran

Disarankan supaya kita  segera memeriksakan kadar gula darah jika mulai mengalami masalah pendengaran. Apalagi jika sampai kita menyetel volume televisi sangat besar atau kesulitan untuk memahami orang lain yang sedang berbicara.

Berdasarkan dari sebuah penelitian yang dilakukan di National Institute of Health, dihasilkan fakta bahwa gangguan pendengaran bisa jadi adalah tanda dari diabetes. Bahkan, 30 persen dari penderita diabetes cenderung mengalami gangguan pendengaran, khususnya jika kadar gula darah sangat tinggi.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan kadar gula darah yang akhirnya merusak saraf dan pembuluh darah pada telinga. Kondisi inilah yang kemudian membuat pendengaran semakin menurun.

2. Mengalami gangguan penglihatan

Pakar kesehatan Howard Baum, MD. Dari Vanderbilt University, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat mengungkap fakta mengejutkan tentang dampak diabetes bagi kondisi penglihatan. Menurut Baum, diabetes bisa membuat kondisi penglihatan semakin memburuk, namun dalam beberapa kasus, hal ini juga bisa menyebabkan penglihatan justru membaik.

“Banyak pasien diabetes yang justru mengaku tidak lagi membutuhkan kaca mata saat kadar gula darahnya meningkat. Meski terlihat menyenangkan, bukan berarti hal ini menandakan sesuatu yang baik,” ucap Baum.

Baum menyebut diabetes bisa mempengaruhi keseimbangan cairan tubuh, termasuk cairan yang ada di dalam mata. Hal inilah yang kemudian bisa mempengaruhi kondisi penglihatan.

3. Ada nya perubahan pada kulit

Penderita diabetes biasanya mengalami perubahan pada kulitnya seperti munculnya noda gelap yang muncul pada belakang leher, siku, atau jari-jari. Hal ini menandakan bahwa kadar gula darah sudah sangat tinggi.

Kadar gula darah yang sangat tinggi bisa membuat perkembangan melanin yang tidak biasa pada sel-sel kulit. Hal inilah yang kemudian bisa menyebabkan munculnya noda atau bercak-bercak kulit.

“Kalau ada pasien yang mengalami noda-noda kehitaman pada kulit, biasanya saya akan langsung meminta mereka melakukan tes darah,” ucap Sanjiv Saini dari Edgewater, Maryland, Amerika Serikat.

4. Mendengkur Kuat

Hampir separuh dari penderita diabetes mengalami gangguan pernapasan dan gejala mendengkur saat tidur. Bahkan, saat tidur siang, mereka juga bisa mengalaminya dengan keras. Selain itu, jika kita mengalami masalah sleep apnea yang membuat henti napas saat tidur, sebaiknya segera memeriksakaan kadar gula darah.

5. Rasa gatal-gatal terus menerus

Diabetes bisa membuat sirkulasi darah semakin memburuk. Hal ini ternyata bisa berimbas pada masalah kulit seperti gatal-gatal atau kulit kering yang sangat parah.

“Banyak pasien diabetes yang baru saja didiagnosis mengalami gejala seperti gatal-gatal yang cukup ekstrem, khususnya pada tangan dan kaki. Masalahnya adalah jika kita terus menggaruknya, bisa membuat munculnya lecet-lecet yang sulit untuk disembuhkan. Padahal, lecet-lecet ini bisa menyebabkan infeksi yang berbahaya,” ucap Baum.

Baum menyarankan penderita diabetes menggunakan produk pelembap. Jika hal ini tidak mempan mengatasi gatal-gatal, sebaiknya meminta bantuan dokter untuk mengatasi.

 
Komentar

Berita Terkini