|

Loading...

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.

Tim Tabur Kejaksaan Agung Mengamankan Buronan Terpidana Rahman Nuriadin bin Syamsudin

 

Tim Tabur Kejaksaan Agung
Ket Foto : Istimewa
MP.Com | Jakarta - Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Agung kembali berhasil mengamankan buronan yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang, dimana DPO yang berhasil diamankan kali ini berasal dari wilayah hukum Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan. Pengamanan terhadap buronan dilakukan pada hari Senin(20/03/2023) sekitar pukul 18:40 WIB dan bertempat di Kampung Pasar Sore RT. 03/RW. 26, Cileunyi Kulon, Bandung, Jawa Barat


Tim Tabur Kejaksaan menjelaskan bahwasannya DPO yang diamankan bernama RAHMAN NURIADIN, AP., M.Si. bin SYAMSUDIN. Dimana Buronan Rahman Nuriadin merupakan seorang PNS (Sekretaris pada Dinas Polisi Pamong Praja Kabupaten Tabalong) dan bertempat tinggal diKomplek Permata Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.


"Buronan atas nama RAHMAN NURIADIN, AP., M.Si. bin SYAMSUDIN merupakan TERPIDANA dalam perkara tindak pidana korupsi dalam pengadaan tanah untuk pembangunan Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) pada SKPD Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong TA. 2017 dengan nilai anggaran sebesar Rp5.000.000.000.", ujar Tim Tabur Kejaksaan. Senin(20/03)


Baca Juga :

•  Tim Tabur Kejati Sumut Tangkap Syamsuri DPO Terpidana Penggelapan Rp3 M

•  Demi Kepastian Hukum, Jaksa Agung Tegaskan Dukungan Percepatan Pembangunan


Pengamanan terhadap Buronan atas nama RAHMAN NURIADIN dilakukan berdasarkan Putusan Mahkamah Agung Nomor: 938 K/Pid.Sus/2022 tanggal 08 Maret 2022, dimana terpidana RAHMAN NURIADIN, AP., M.Si. bin SYAMSUDIN telah terbukti secara sah serta meyakinkan bersalah telah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama. Oleh karena perbuatan yang dilakukan oleh tersangka maka yang bersangkutan dijatuhi pidana penjara selama 6 tahun 6 bulan dan pidana denda Rp400.000.000 subsidair pidana kurungan selama 4 bulan.


Selain pidana penjara tersebut, terpidana RAHMAN NURIADIN, AP., M.Si. bin SYAMSUDIN, juga dijatuhi pidana tambahan untuk membayar uang pengganti sebesar Rp50.000.000. Pidana tambahan ini diberikan apabila yang bersangkutan tidak membayar uang pengganti paling lama dalam kurun waktu satu bulan sesudah putusan yang dikeluarkan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut, dalam hal Terpidana tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti, maka dipidana dengan pidana penjara selama 6 bulan.


"Terpidana RAHMAN NURIADIN, AP., M.Si. bin SYAMSUDIN diamankan karena ketika dipanggil untuk dieksekusi menjalani putusan, Terpidana tidak datang memenuhi panggilan yang sudah disampaikan secara patut dan karenanya dimasukkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Dalam proses pengamanan, Terpidana bersikap kooperatif sehingga proses berjalan dengan lancar dan setelah berhasil diamankan, Terpidana dibawa oleh Tim Tabur menuju Kejaksaan Tinggi Jawa Barat untuk dilakukan serah terima.", jelas Tim Tabur Kejaksaan.


Melalui program Tabur Kejaksaan, Jaksa Agung meminta jajarannya untuk memonitor dan segera menangkap buronan yang masih berkeliaran untuk dilakukan eksekusi untuk kepastian hukum.


"Saya mengimbau kepada seluruh Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejaksaan untuk segera menyerahkan diri dan mempertanggung-jawabkan perbuatannya karena tidak ada tempat yang aman bagi para buronan.", tegas Jaksa Agung. (Red)



Sumber : Puspenkum Kejagung

 
Komentar

Berita Terkini