|

Loading...

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.

Atlit Volly Putri, Amsya Bakal Ubah Identitas Ikuti Jejak Adik, Aprilio Perkasa Manganang

 

Atlit Volly Putri, Amsya Bakal Ubah Identitas Ikuti Jejak Adik, Aprilio Perkasa Manganang
Ket Foto : Atlet voli putri Amasya Manganang

MEDIAPENDAMPING.COM | Jakarta - Atlet voli putri, Amasya Manganang bakal mengikuti jejak sang adik Aprilia Manganang yang kini bernama Aprilio Perkasa Manganang, berganti status jenis kelaminnya dari perempuan menjadi laki-laki.


"Rencananya sih (akan operasi juga). Tapi itu langsung ke tim medis. Kami sebenarnya sudah merasa, cuma kan semua harus sesuai hasil medis," kata Amasya di Markas Besar TNI AD, Jumat, 19 Maret 2021, setelah sidang pergantian identitas adiknya.


Mantan pemain PGN Popsivo Polwan ini mengaku telah melakukan pengecekan medis di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto Jakarta pada Rabu, 17 Maret 2021. Seperti adiknya, Amasya juga diketahui mengalami hipospadia.


Pemilik nama lengkap Amasya Anggarini Manganang mengungkapkan bahwa Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa sudah mengkonfirmasi statusnya sebelum naik meja operasi. "Sekarang tinggal menunggu penanganan dan kapan waktu operasinya," ujarnya.


"Sekarang lagi mengurus pengajuan ke pengadilan. Dari pihak TNI yang urus. Saya siap saja semuanya," kata Amasya menambahkan.


Amasya mengaku lebih siap secara mental karena telah melihat proses yang sudah dilalui adiknya yang kini bernama Aprilio Perkasa Manganang.


Melihat April sudah berubah status, pasti lega. Cuma kalau April sudah melewati ini, pasti saya jadi lebih tenang," ucapnya.


Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) menyematkan tanda nama baru kepada Serda (K) Aprilia Santini Manganang (tengah) usai mengikuti sidang penggantian jenis kelamin dan penggantian nama secara virtual yang berlangsung dari Pengadilan Negeri Tondano, Sulawesi Utara, di Markas Besar TNI Angkatan Darat, di Jakarta, Jumat, 19 Maret 2021. Pengadilan Negeri Tondano, Sulawesi Utara mengabulkan permohonan pergantian identitas Serda (K) Aprilia Manganang menjadi Serda Aprilio Perkasa Manganang. TEMPO/Muhammad Hidayat


Sebelumnya, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan bahwa kakak Sersan Dua Aprilia Manganang, Amasya Manganang juga mengalami kelainan hipospadia.


"Hasilnya ternyata sangat mirip. Hasil pemeriksaan Amasya tidak seberuntung kita, sakit juga," tutur Andika di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat, Jumat, 19 Maret 2021.


Andika mengatakan, Amasya juga menyampaikan kegelisahannya. Sampai akhirnya atlet voli putri itu juga meminta bantuan untuk diperiksa. "Amasya curhat, bapak saya juga ingin diperiksa. Kami siap," kata dia.


Amasya telah menjalani pemeriksaan dan perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Dia juga akan menjalani operasi koreksi atau corrective surgery dua kali seperti halnya Serda Aprilia Manganang.


Baca Juga : 

••  Turnamen Badminton Tertua Perlakukan Indonesia Tidak Adil, Begini Anggapan Menpora...

••  Teddy Bakal Temui Keluarga Sule, Ayah Tiri Rizky Febian Menyerah?

••  Optimis Bisnis Properti Bangkit, Developer Tetap Sampaikan Beberapa Keluhan Regulasi


"Kami sampaikan ke Amasya dan Amasya menjawab, 'Saya kalau bisa dibantu, saya ingin menjadi diri saya sebenarnya. Kami putuskan kami akan siapkan prosedur sama, beliau juga hipospadia, masuk hipospadia  serius," kata Andika.


Sementara itu, Pengadilan Negeri Tondano mengabulkan permohonan status ganti kelamin Sersan Dua Aprilia Manganang dari perempuan menjadi laki-laki. Nama mantan atlet voli putri itu kini berubah menjadi Aprilio Perkasa Manganang. (Jos)

 
Komentar

Berita Terkini