|

Loading...

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.

Keindahan air Terjun di Pulau Mursala dan Kalimantung, Pesona Alamnya Membuat Kagum

 

Pulau Mursala
Ket Foto : Pesona Pulau Mursala yang berada di tengah laut Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara
MP.Com | Tapteng - Pesona Pulau Mursala yang berada di tengah laut Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, dan keindahan dasar laut Pulau Kalimantung, memang tak tangung-tanggung. Keindahan air terjun di Pulau Mursala membuat kagum siapapun yang melihatnya. Bagaimana tidak, di tengah laut ada air terjun yang airnya tawar dan jernih mengalir lepas ke laut.


Sama halnya dengan panorama bawah laut Pulau Kalimantung yang dihuni aneka jenis ikan dan terjaganya terumbu karang, mampu memikat siapapun yang melihatnya. 


Keeksotisan kedua pulau itulah yang menjadikan tempat ini sebagai tempat favorit bagi wisatawan yang datang berlibur ke “Negeri Wisata Sejuta Pesona” Tapanuli Tengah.


Nah, untuk mengunjungi tempat ini memang tidak mudah, karena dibutuhkan nyali dan biaya yang lumayan besar, karena ongkos sewa speedboat.

Wisata pulau Mursala

Sampai saat ini layanan transportasi umum ke sana hanya dilayani speedboat kayu bermesin 2 dan 3 yang kapasitas penumpangnya 15-20 orang. Sedangkan jarak tempuh kisaran2-3 jam dari Kota Pandan. 


Untuk biaya sewa (borong) satu unit kapal speedboat dibadrol Rp 2-Rp 2,5 juta untuk pulang pergi. Sedangkan harga paket, sekitar Rp 300-Rp 350 ribu per orang pulang pergi, atau tergantung jumlah penumpang. 


Agar wisatawan tidak terlampau diberatkan dengan ongkos kapal, biasanya para penyedia jasa travel memberikan layanan tambahan kepada wisatawan. Di mana dengan harga paket tersebut wisatawan sudah dapat mengunjungi beberapa lokasi wisata di kawasan Pulau ditambah dengan service lainnya.

Awak media ini pun mencoba menelusuri perjalanan travel ke Pulau tersebut. Dengan menggunakan jasa travel Mursala Indah, kami disuguhi empat lokasi, yaitu; Pulau Kalimantung, Pulau Mursala, Blue Spot, dan Hili Badalu (tempat diving) di seputaran Pulau Mursala. Dengan harga paket Rp 300 ribu per orang, kami bebas menikmati keempat objek wisata tersebut. 


Selain itu, Mursala Indah Travel juga memberikan bonus paket foto-foto perjalanan, video drone, video snorkeling di Pulau Kalimantung dan tambahanan bonus makan siang.


Sari Novelina Sinaga salah soerang wisatawan yang datang dari Medan mengaku kagum dan terpesona melihat keindahan Pulau Kalimantung dan Pulau Mursala. Selama ini, gadis 18 tahun itu sudah niat untuk mengunjungi kedua tempat tersebut, karena teman-temannya di Medan sudah berkali-kali berkunjung kesana.


“Wow..kren habis, luar biasa indahnya. Apalagi saat snorkeling, ikannya banyak banget dan pasir putihnya sangat menakjubkan. Demikian juga dengan Blue Spot, airnya benar-benar biru, ditambah lagi indahnya terumbu karang di Hili Badalu. Ini benar-benar perjalanan yang menguntungkan,” ungkap Sari kagum.


Hal serupa juga disampaikan wisatawan yang datang dari Kalimantan Tengah. Dia tidak menyangka kalau air terjun Pulau Mursala itu adalah air tawar.


“Ini keajaiban alam namanya, ada air terjun di tengah laut tetapi airnya tawar. Benar-benar ajaib ciptaan Tuhan. Belum lagi Pulau Kalimantungnya yang eksotis. Intinya, gak sia-sialah kami berlibur ke sini dari Kalimantan Tengah,” ucap Yanti.


Selain memuji keindahan tempat tersebut, mereka juga memberikan saran agar pengusaha atau pemerintah daerah yang mengelola objek wisata tersebut bisa menyediakan alat transportasi kapal yang lebih besar demi keselamatan.


“Kalau gak kuat mental ngeri juga naik kapal ini. Maunya ada kapal yang lebih besar sehingga kita nyaman di dalam, apalagi perjalanannya sampai 2 jam lebih, tentu kita membutuhkan fasilitas, termasuk kamar mandi atau toilet dan fasilitas lainnya. Selain itu juga, maunya di Pulau Mursala itu dibangun steger tempat bersandar kapal,” ungkapnya.


Bagi anda yang penasaran akan keindahan pulau ini, silahkan datang berkunjung ke Kabupaten Tapanuli Tengah, “Negeri Wisata Sejuta Pesona”. (Red)

 
Komentar

Berita Terkini