|

Loading...

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.

Sahabat Tani Indonesia Bersama PORNAS siap Wujudkan Ketahanan Pangan

Sahabat Tani Indonesia Bersama PORNAS siap Wujudkan Ketahanan Pangan
Foto: istimewa 
MP.Com | Kalimantan - SDT terus kemzbangkan potensi pertanian di Provinsi Kalimantan Timur. Sumaria Daeng Toba Ketua Umum Sahabat Tani Indonesia - SDT (STI-SDT), yang didaulat sebagai Ibu Tani Indonesia pada peringatan hari tani nasional tahun 2021, lakukan sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak. Salahsatunya dengan Sulaiman dan Bertha yang memperkenalkan dirinya dengan PORNAS, atau Pupuk Organik Nasional.

Pada Minggu 26 Februari 2023 Sumaria Daeng Toba, didampingi Sekretaris Jenderal STI-SDT Arafat A. Zulkarnaen, Wakil Ketua Umum Bimbang Agus Purnomo, juga Pengurus DPP Sulaiman dan Bertha, lakukan kunjungan di Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Perjalanan ini adalah memastikan keberhasilan demplot Pupuk Pornas yang di demplot di lahan pertanian para kelompok tani dibawah binaan STI-SDT. Hartoyo Ketua PPL Tenggarong menyambut gembira kegiatan ini, karena kelangkaan pupuk menjadi momok yang menakutkan bagi para petani. Dengan hadirnya PORNAS dipastikan akan mengurangi penggunaan pupuk "keras", karena dengan PORNAS sudah mencukupi kebutuhan petani, yang otomatis akan meningkatkan hasil tani nya.

Baca juga:

>>   Berkat Tangan Dingin Brader Minor, Musisi Jalanan Naik Kelas

>>   Pak Tugito Wakafkan Tanah untuk Rumah Qur'an KSJ

Terlihat jelas, Padi Yang menggunakan Pupuk Organik Cair PORNAS memiliki batang tumbuh yang besar, bulir padi yang lebih banyak dari pupuk biasa, juga tanaman padi tahan diterjang banjir.

Sumaria Daeng Toba percaya dengan PORNAS atau Pupuk Organik Nasional, akan memudahkan dan meng-efisiensi pemakaian pupuk oleh para petani. Hal ini sejalan dengan misi wujudkan Swasembada pada berbagai sektor pertanian, baik padi, dan holtikultura lainnya. Terlihat dalam studi demplot yang berhasil di Kecamatan Tenggarong Seberang, dengan satu jenis pupuk saja bisa memberikan hasil yang optimal. Perlu diketahui Pupuk Organik Cair PORNAS adalah produk unggulan dari AWM Starlife yang cocok untuk tanah pertanian di Indonesia, efisiensi terbukti pada 1 hektare lahan hanya diperlukan 3 dus saja. Terlepas dari sulitnya pupuk, PORNAS hadir dengan Sahabat Tani Indonesia-SDT memberikan solver atau kemudahan untuk para petani khususnya yang berada di Provinsi Kalimantan Timur, dan seluruh petani diseluruh Indonesia.

Diakhir Wawancara Ekslusif Sumaria Daeng Toba mengatakan "kita sudah sama sama lihat bukti demplot yang optimal, sudah saatnya para petani beralih ke Pupuk Organik Cair yang ramah lingkungan yaitu PORNAS", ucapnya. Sumaria menambahkan "kita wujudkan Indonesia Swasembada Pangan pada tahun 2024 nanti, tapi hari ini kita sama sama gunakan PORNAS", ucapnya seraya menutup pembicaraan. (Elin)

 
Komentar

Berita Terkini