|

yX Media - Monetize your website traffic with us

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.

Loading...

5 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Mengurangi Resiko Terkena Stroke

 

5 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Mengurangi Resiko Terkena Stroke
Ket Foto : Tomat
MP.Com | Tomat adalah salah satu makanan yang digemari, karena tomat memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.Terlepas dari penyebutan apakah tomat merupakan kelompok buah atau sayur.


Di dalam 100 gram tomat terdapat beberapa nutrisi seperti 93 gram air, 24 kalori energi, 2 gram protein, 0,7 lemak, 3,3 gram karbohidrat, 1,8 gram serat, 5 mg kalsium, 27 gram fosfor, dan nutrisi serta vitamin lainnya. Kandungan tersebut yang membuat buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan hingga untuk kecantikan wajah.


Tomat punya manfaat Menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, mengatur  asupan makanan dengan baik. Banyak buah dan sayur yang kaya vitamin untuk kesehatan, seperti tomat. Adapun manfaat tomat untuk kesehatan sebagai berikut:


Baca Juga :

>>  Makanan yang Mengandung Kolesterol Terendah, Bisa Dikonsumsi Tiap Hari

>>  5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan, Bisa Melawan Tanda - tanda Penuaan Kulit!


1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung memiliki banyak fungsi, sehingga kesehatannya harus selalu dijaga agar tidak menggangu organ tubuh lainnya. Tomat memiliki kandungan likopen dan betakaroten yang bisa mengurangi risiko serangan jantung. Selain itu, kandungan likopen berfungsi untuk menurunkan kolestrol yang menjadi salah satu faktor penyebab penyakit di organ vital ini.


2. Mencegah Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes terjadi karena kadar gula dalam darah meningkat. Untuk mencegah penyakit tersebut, kadar gula dalam darah harus terkontrol tidak terlalu tinggi. Tomat ternyata bisa menjaga kadar gula dalam darah secara alami. Bahkan, bagi penderita diabetes tipe 1, konsumsi tomat bisa menurunkan kadar gula. Untuk pasien diabetes tipe 2, tomat dapat membantu menurunkan kadar gula dan kadar lemak.


3. Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat tomat lainnya yaitu untuk kesehatan mata karena memiliki kandungan beta karoten. Kandungan likopen dan lutein di dalam tomat juga bermanfaat untuk mencegah gangguan pada mata seperti katarak dan degenerasi makula.


4. Mengurangi Risiko Stroke

Stroke ternyata bisa dicegah dengan memperbanyak konsumsi tomat. Hal ini terkiat kandungan likopen di dalam tomat. Likopen inilah yang mengurangi peradangan, pembekuan darah, hingga memperkuat daya tahan tubuh.


5. Memperlancar Metabolisme

Dengan metabolisme yang lancar, proses pembakaran lemak menjadi energi akan lebih cepat. Hal ini sangat baik untuk menurunkan kadar lemak. Biasanya lemak-lemak inilah yang menyebabkan berat badan cepat meningkat. Mengkonsumi buah ini secara rutin dapat menstimulasi produksi carnitin yang berperan dalam peningkatan kemampuan tubuh untuk membakar lemak. (Dosman)

 
Komentar

Berita Terkini