|
yX Media - Monetize your website traffic with us

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.

DomaiNesia
Loading...

Langkah Bobby Nasution Bangkitkan Wisata Budaya Sangat Tepat, Pengamat: Harus Dikelola Secara Profesional dan Milenial

Ket. Foto : Tari Kreasi Seni di halaman kantor walikota Medan 

MP.Com | Medan - Meski tidak memiliki wisata alam seperti pantai dan pegunungan namun Wali Kota Medan Bobby Nasution akan mengembangkan destinasi wisata yang ada di Kota Medan dengan mengandalkan nilai sejarah, kebudayaan dan bangunan tua yang dimiliki. Diharapkan, potensi yang dimiliki ini mampu menarik perhatian para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi ibukota Provinsi Sumatera Utara.


Kota Medan memiliki banyak bangunan bernilai sejarah tinggi dan sangat berpotensi menjadi magnet yang kuat untuk menarik wisatawan lokal maupun luar, diantaranya Istana Maimun, Gedung Warenhuis, Masjid Raya Al Mashun, Masjid Raya Al Osmani, Masjid Bengkok, Rumah Tjong A Fie, Kota Lama Kesawan, Situs Kota China dan lain sebagainya. Oleh karenanya Bobby Nasution ingin melestarikan semua bangunan bersejarah yang ada sehingga menjadi tempat wisata perkotaan yang menarik bagi para wisatawan.


Dikatakan Bobby, Kota Medan memiliki beragam kebudayaan di dalamnya baik dari makanan maupun bangunan. Keberagaman ini tentunya dapat menjadi nilai utama dalam membangkitkan wisata budaya yang ada di Kota Medan. Orang nomor satu di Pemko Medan ini berharap agar Kota Medan bisa membangkitkan industri pariwisata di Kota Medan.


"Guna mewujudkan wisata budaya yang ada di Kota Medan, Pemko Medan akan melakukan revitalisasi kawasan Kota Lama Kesawan pada tahun ini. Kami berharap dukungan penuh semua pihak untuk mengembangkan industri pariwisata ini," ungkap Bobby.


Keinginan Bobby Nasution untuk membangkitkan wisata budaya ini langsung mendapat apresiasi dan dukungan dari budayawan sekaligus sastrawan Kota Medan Dr Shafwan Hadi Umry. Shafwan menilai, wisata sejarah di Medan adalah sebuah keniscayaan. Artinya, wajar dan perlu dikelola secara profesional dan milenial.


Menurut Shafwan, program Bobby Nasution yang ingin menjadikan situs-situs bersejarah yang ada di Kota Medan sebagai magnet untuk membangkitkan pariwisata merupakan langkah yang tepat dan harus didukung guna memajukan Kota Medan.


"Kota Medan memiliki keberagaman etnis, budaya dan suku. Keberagaman ini menjadi nilai utama dalam membangkitkan wisata budaya. Melalui wisata budaya yang ada nantinya, saya berharap dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kota Medan sembari memperkenalkan budaya yang ada," ungkapnya.


Dikatakan Shafwan, aset wisata kota itu memiliki akses dengan seni budaya lokal seperti tari, musik, sastra dan arsitektur. Kemudian, imbuhnya, perlu dibangun hiasan yang bercorak narasi tentang lokasi historik seperti tokoh sastrawan, musik tari, seni rupa yang pernah menjayakan Medan tempo dulu.


"Program wisata sejarah dan budaya ini perlu kita dukung dan viralkan dalam promosi secara berkesinambungan seperti melalui media sosial (medsos), televisi, surat kabar dan lain sebagainya. Program Pak Wali ini perlu didukung dengan melibatkan pemangku adat maupun etnis yang ada di Kota Medan, termasuk pelaku seni budaya serta pariwisata," sarannya.(Minor)


 
Komentar

Berita Terkini