|

yX Media - Monetize your website traffic with us

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.
Loading...

Di Program Ladies Komwil I APEKSI, Kahiyang Ayu : Istri-istri Wali Kota Jangan Sungkan Cicipi Menu Khas Medan

Ket. Foto : Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu bersama istri Wali Kota yang tergabung dalam Ladies Program Komwil I APEKSI

MP.Com | Medan - Untuk menuju Sinergi dan Kolaborasi melalui ekonomi inklusif dan kualitas sumber daya manusia yang handal, Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu Bobby Nasution membuka kegiatan Ladies Program Komwil I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 2022, yang dilaksanakan di Gedung PKK kota Medan, Jalan Rotan Kecamatan Medan Petisah, Kamis (30/6/2022) siang.


Dalam sambutannya, Ketua TP PKK kota Medan Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution, mengucapkan selamat datang kepada Ketua TP PKK dari seluruh wilayah I Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) yang menjadi anggota APEKSI.


“Selain beragam etnis budaya yang ada, Kota Medan juga terkenal dengan beragam kulinernya. Untuk itu, kepada ibu-ibu istri Wali Kota jangan sungkan untuk mencicipi semua menu khas Kota Medan,” ujarnya.


Kegiatan APEKSI yang akan berlangsung selama dua hari ini, sambung Kahiyang, bisa memberikan kenangan indah buat peserta yang hadir.


“Kita berharap, dengan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh peserta APEKSI ini nantinya, dapat mengangkat wisata kuliner, wisata kota lama dan wisata lainnya yang ada di kota Medan,” harapnya.


Sementara itu, Torang Sitorus selaku Ketua pengrajin kain tenun dan ulos menegaskan, bahwa kerajinan tangan ulos yang diproduksi secara manual tersebut, merupakan hasil dari pelaku UMKM binaan pemerintah kota Medan.


Torang Sitorus, merupakan pegiat Uastra di kota Medan memperkenalkan ulos tenun buatannya.


Torang mengaku jika ulos tenun sudah dia dapatkan sejak dari orangtuanya. “Ulos tenun ini sudah merupakan warisan dari orang tua saya sejak dulu. Ada banyak motif yang dia punya dan dia simpan pada buku.


“Baru-baru ini kami baru mendapatkan penghargaan dari UNESCO atas kontribusi penggunaan warna alami yang kita pakai,” ujarnya.


Untuk menjaga kelestarian dan dokumentasi kain Uastra yang dikumpulkan didalam satu buku. Dimana buku tersebut adalah buku dari keluarga Torang Sitorus dan berisi berbagai macam motif kain tenun khas Batak.


” Kain-kain ini, termasuk buku yang berisi karya-karya saya dan bisa dibeli namun dengan harga khusus,” terang Torang.


Torang Sitorus juga mengadakan pagelaran Fashion Show Mojo Kebaya Karya yang dibawakan oleh Mila Nasution.


Terlihat para ibu-ibu Wali Kota se-Sumatera tertegun saat menikmati pagelaran Fashion Show karya Torang Sitorus tersebut.


“Semoga dengan acara APEKSI ini, hasil kain tenun dari Sumatera Utara, khususnya kota Medan bisa dikenal oleh masyarakat dari luar Sumatera hingga negara Eropa,” pungkasnya.


Amatan wartawan, acara pembukaan dihadiri, Ketua TP PKK Tanjung Balai, Ketua TP PKK Kota Dumai, Ketua TP PKK Sabang, Ketua TP PKK Kota Padang Sidempuan, Ketua TP PKK Kota Subulussalam, Ketua TP PKK Kota Bukit Tinggi, Ketua TP PKK Kota Pekan Baru, Ketua TP PKK Kota Solok dan Ketua TP PKK Kota Paya Kumbuh.(Red/minor)

 
Komentar

Berita Terkini