|

Loading...

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.

Kabar Gembira kah ? Konsumen Bisa Dapatkan Fasilitas Uang Muka DP Sebesar 0%, Berlaku 1 Maret 2021

 

Ket Foto : Rumah Komplek

MEDIAPENDAMPING.COM | Jakarta - Bank Indonesia (BI) telah melonggarkan aturan loan to value (LTV) atau financing to value (FTV) untuk pembelian properti. Ini artinya konsumen bisa mendapatkan fasilitas uang muka (DP) sebesar 0%.


Aturan ini berlaku pada 1 Maret mendatang. Sebenarnya apakah aturan ini bisa jadi berita gembira untuk calon konsumen?


Dikutip dari Lifepal disebutkan untuk program DP 0% ini masyarakat juga harus berhati-hati. Pasalnya dengan DP 0% maka pokok utang akan semakin besar dan akan berdampak pada tidak idealnya jumlah cicilan setiap bulan.


Selain itu juga harus diperhatikan adalah kekayaan bersih dan jumlah utang tertunggak yang dimiliki setelah kredit properti ini disetujui.


Dalam riset juga disebutkan ada risiko kebangkrutan yang lebih besar. Sebelum menarik KPR dengan fasilitas DP 0% harus melakukan perhitungan dengan matang.


Baca Juga  :

>>>  Terapkan Tips untuk Jadikan Rumah Nyaman Dipakai WFH, Yuk Kenali Konsep SOHO

>>>  Perlu nya Perhatian Dalam Hal Memilih Hunian Dengan Konstruksi Bangunan Rumah Yang Bagus

>>>  Pasar Properti Bisa Lebih Cerah Tahun 2021, Ini Penyebab nya


AMIRPRO.com                           


Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan posisi keuangan, makin besar DP yang dibayarkan, makin ringan pula cicilan yang dibayar. Namun, ketahui dengan seksama bahwa bunga KPR di bank konvensional bersifat floating, yang artinya perubahan tingkat suku bunga bisa saja terjadi ketika masanya tiba.


Bila memang ada niat mengambil cicilan 15 tahun, jangan mudah tergiur dengan bunga rendah tapi hanya berlaku satu hingga tiga tahun. Pertimbangkanlah untuk mencari program KPR dengan suku bunga fixed (tetap) yang berlangsung 10 tahun.


Atau jika ada lebih pilihan untuk membayar cicilan tetap, KPR syariah bisa dipertimbangkan. KPR syariah juga tidak membebani dengan biaya penalti untuk percepatan pelunasan. (Donald)

loading...
 
Komentar

Berita Terkini