|

Loading...

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.

Perkuat Ketahanan Pangan Keluarga, Nawal Lubis Dorong Program Hatinya PKK Terus Dijalankan

 

Perkuat Ketahanan Pangan Keluarga, Nawal Lubis Dorong Program Hatinya PKK Terus Dijalankan
Ket Foto : Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis saat melakukan monitoring di Pendopo Rumah Dinas Walikota Tanjungbalai, Kota Tanjungbalai
MP.Com | Medan - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis meminta seluruh pengurus PKK terus menjalankan Program Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman atau Hatinya PKK. Dengan harapan dapat memperkuat ketahanan pangan keluarga. 


Hal itu disampaikan Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis saat melakukan monitoring di Pendopo Rumah Dinas Walikota Tanjungbalai, Kota Tanjungbalai, Rabu (7/9). Program hatinya PKK antara lain memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam tanaman kebutuhan pokok. Sehingga masyarakat bisa secara mandiri mendapatkan kebutuhan pangannya. 


"Kita mengalami inflasi, harga cabai dan bawang naik, apabila ibu-ibu melaksanakan program Hatinya PKK, mau naik berapa pun harga cabai, tidak terlalu berpengaruh, karena ibu sudah punya masing-masing di rumah. Apabila harga harga cabai, bawang dan lainnya mahal, ibu punya ketahanan pangan sendiri, " kata Nawal. 


Karena itu, program hatinya PKK harus dilaksanakan secara optimal, jangan hanya ala kadarnya saja. Atau jangan saat ada kunjungan dari tim monitoring saja. "Jadi ibu-ibu, setelah tim monitoring menilai, tetap jalanlan Hatinya PKK," ujar Nawal. 


Nawal juga berpesan kepada para ibu yang memiliki usaha agar memanfaatkan teknologi digital yang saat ini sudah banyak berkembang. Hal itu dilakukan untuk membantu memperluas pasar penjualan produk. Nawal berjanji akan membuat pelatihan digital apabila diperlukan. 


"Kalau ibu-ibu belum pernah dilatih memasarkan barang secara digital, nanti akan saya minta Dinas Koperasi dan UKM memberikan latihan kepada ibu-ibu, sehingga ibu ibu tidak gaptek dan bisa menjual produk ke seluruh Sumut bahkan nasional, " ujar Nawal. 


Walikota Tanjungbalai Waris Thalib menyampaikan harapannya agar PKK dapat berperan dalam mengantisipasi kenaikan inflasi, antara lain melalui pemanfaatan pekarangan rumah dengan menanam tanaman ketahanan pangan. 


"Paling tidak menanam bawang, cabai, sayuran di pekarangan. Kami di Tanjungbalai memang sedang mengadakan program memberikan bantuan bibit tanaman yang bisa dimanfaatkan di pekarangan rumah sebagai antisipasi inflasi ini, " ujar Waris.


Turut hadir pada kesempatan tersebut Plt Ketua TP PKK Kota Tanjungbalai Fatiah Haitami, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut Suherman, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Hendra Dermawan Siregar dan pengurus PKK se-Tanjungbalai.                      (Jinhon)

 
Komentar

Berita Terkini