|

Loading...

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.

PN Medan Hadirkan Lima Saksi Dalam Sidang Lanjutan Korupsi Dana Bos SMAN 8 Medan

 

PN Medan Hadirkan Lima Saksi Dalam Sidang Korupsi Dana Bos SMAN 8 Medan
Foto: lanjutan persidangan dugaan korupsi dana BOS

MEDIAPENDAMPING.COM | Medan - Sidang lanjutan perkara dugaan korupsi dana Bos SMAN 8 Medan senilai Rp1, 4 Milyar pada 2017/2018 dengan terdakwa mantan Kepala SMAN 8 Medan, Jonggor Rantau Panjaitan yang berlangsung diruang Cakra 8 Pengadilan Negeri Medan, Rabu (11/05/22). 


Pada sidang kali ini kembali menghadirkan Direktur CV Media Sarana Computer (MSC) Puan Hormalin Saragih bersama Guru SMAN8 Medan, Berlian Sihombing, Mantan Bendahara SMAN8 Medan, Parmonang, Operator SMAN8 Medan, Ronald dan Honor Tata Usaha/penjaga SMAN8 Medan, Nurhida. 


Dalam persidangan tersebut kedua saksi, Nurhida dan Puan Normalin Saragih yang semula menyebut bahwa Ronald hadir dan melihat saat pengantaran puluhan komputer selama tiga hari berturut-turut mencabut kesaksian ketika Ketua Majelis Hakim Eliwarti menanyakan langsung kepada Ronald. "Saudara Ronald apakah anda hadir dan melihat langsung ketika puluhan komputer yang diantar oleh pihak MSC ke SMAN8 Medan, karena Nurhida dan Puan selaku pimpinan MSC menyebut saudara hadir? " tanya majelis hakim yang langsung dijawab tidak ada melihat dan mengetahui. Ronald pun menyebutkan bahwa pihaknya tidak ada melihat, karena kalau siang sudah pulang dan tidak lagi berada disekolah. 


Sedangkan Nurhida yang dipertanyakan majelis hakim membenarkan adanya pengantaran puluhan komputer selama tiga hari akan tetapi ia tidak bisa memastikan karena hanya sekilas saja. " Saya lihat layar atau monitor, CPU dan ada kotak akan tetapi hanya sekilas saja," ucapnya sembari mencabut keterangan kesaksian yang disampaikan ke persidangan soal kehadiran Ronald. 


Begitu juga dengan Puan yang juga mencabut kesaksian soal Ronald, selain itu ia mencabut kesaksian yang menerangkan Parmonang menyerahkan uang kepada Jonggor lalu diserahkan kepada dirinya saat penyerahan DP senilai Rp100 juta pada 2017. "Lupa saya Yang Mulia, karena semua uang yang diterima itu melalui terdakwa Jonggor. Bahkan setelah menerima DP Rp100 juta dan Juli 2017, menerima uang Rp75 juta sisanya," ucapnya. 


Namun Puan juga tidak bisa menunjukan bukti kwitansi jualbeli, dengan dalih sudah lama sekali akan tetapi ia tetap bersikukuh ada mengantar puluhan unit komputer beserta perangkatnya sebanyak 93 unit. Bahkan Parmonang pun tetap pada keterangan kesaksian sebelumnya, bahwa pihak SMAN8 Medan tidak pernah melakukan pemesanan kepada MSC. Nah soal tandatangan bukti pencairan memang betul itu tanda tangannya akan tetapi ia hanya disuruh teken tanpa melihat dan mengecek terlebih dahulu karena telah didesak oleh pihak pimpinan yakni terdakwa. 


Baca juga:

>>   Sidang Dana Bos SMAN 8 Medan, Ahli Dari Inspektorat Pemprvosu Selain Langgar Aturan, 96 Komputer Tidak Ditemukan


>>   Presiden RI Presiden dan Ibu Iriana Jokowi Beserta Rombongan tiba di Washington DC


Sementara Berlian Sihombing menyatakan tidak pernah melihat kedatangan komputer di SMAN8 Medan. Setahunya bahwa sebelum Jonggor menjadi Kepala SMAN8 Medan, ada 34 komputer bantuan dari Pemko Medan pada Tahun 2010, sewaktu SMA masih dibawah Dinas Pendidikan Kota Medan. Dan bantuan komputer pada TA 2017, dari APBD sebanyak 20 unit, bantuan APBN pada 2019 sebanyak 18 unit serta tanpa label sebanyak 20 unit yang dinomori 202017.


Bahkan ini mementahkan keterangan kesaksian Nurhida yang menjelaskan semenjak ia bertugas semenjak Tahun 1990 tidak ada komputer di Laboratorium, dan baru 2017 ia melihat komputer ada di SMAN8 Medan. 


Masih dalam persidangan tersebut, hakim anggota Tipikor PN Medan Rurita Ningrum sempat menukar posisi duduk Nurhida dengan Berlian Sihombing, dikarenakan setiap menjawab pertanyaan majelis hakim maupun penuntut umum Kejari Medan, Fauzan selalu melihat ke belakang tepatnya kearah saksi Puan. 


Kembali kepada kesaksian Berlian, mengatakan pada saat ujian UNBK di 2017, ia diminta tolong oleh Panitia UNBK agar mengimbau para siswa untuk membawa laptop dari rumah karena kurang komputer. Selain karena bukan panitia UNBK ia juga tidak bisa masuk ke dalam ruangan ujian. Bahkan pada hari biasa setiap masuk ruangan laboratoriun harus ada izin dari pihak sekolah. 


Sementara itu, Jonggor sempat mengucapkan siap salah saat Hakim Anggota Rurita Ningrum menyampaikan bahwa bahwa prosedur pembelian komputer dengan dana bos telah menyalahi ketentuan yang berlaku. Dimana ketentuan pembelian hanya 5 unit komputer saja, nah ini dengan jumlah hampir 100 unit komputer beserta perangkatnya seharusnya dibentuk panitia tender, dan itupun yang bisa melaksanakannya hanya Dinas, namun ini main langsung tanpa mengikuti prosedur.  "Hadir Lima Saksi Siap salah," ucap Jonggor yang kemudian ditimpali Hakim Anggota Rurita Ningrum dengan menyatakan, ya tentu salah yang anda lakukan. 


Masih dalam persidangan tersebut, Jonggor menyampaikan bahwa bukti pembelian komputer, perangkat jaringan ATk, peralatan olahraga ada bukti kwitansinya. Namun ia berdalih itu tidak diberikan dan membawa foto kopi supaya menjadi bukti karena saat diperiksa di inspektorat saat meminta kembali aslinya, terkesan dioper - oper. 


Akan tetapi saat ditanyakan kemana puluhan unit komputer tersebut, kembali ia menyatakan tidak tahu karena tidak lagi menjabat Kepala SMAN8 Medan. Usai mendengarkan keterangan saksi dan terdakwa maka persidangan ditunda hingga Jumat, 13 Mei 2022, dengan agenda mendengarkan kesaksian meringankan yang dihadirkan oleh penasehat hukum terdakwa. (Cut Nurmala)

 
Komentar

Berita Terkini