-->
    |



Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.
Loading...
DomaiNesia

Mengenal AREBI, Asosiasi untuk Agen Properti atau Broker di Indonesia

 

Mengenal AREBI, Asosiasi untuk Agen Properti atau Broker di Indonesia
Ket Foto : Logo AREBI
MEDIAPENDAMPING.COM | Medan - Bagi para broker properti atau agen properti, nama AREBI tentunya sudah sangat dikenal, malah mungkin sudah menjadi anggota. Namun, bagi kamu yang pemula dan baru menjadi broker tentu perlu pengetahuan banyak tentang asosiasi ini.


Bagi arsitek, mereka memiliki asosiasi bernama Ikatan Arsitek Indonesia atau IAI, begitu juga dokter yang mempunyai IDI (Ikatan Dokter Indonesia). Sederetan profesi memang memiliki persatuan atau asosiasi, tentunya bukan hanya sekedar wadah para anggota.


Namun, asosiasi ini bisa menjadi acuan bagi mereka yang memiliki profesi yang sama. Ada standar dan etika profesi.


Dunia properti berkembang begitu pesat. Hal ini membuat penjualan properti tidak hanya dilakukan oleh para developer saja. Selain itu, berkembangnya dunia properti pun dibarengi dengan munculnya jasa-jasa yang terkait dengan real estate, salah satunya broker real estate.


Baca Juga :

>>  Tertarik Jadi Agen Properti? Kamu Wajib Memiliki SIU-P4 Loh, Cara Dapatkannya ?

>>   Empat Tips Memulai Ekspor Untuk Pemula, Yuk Cari Tahu ...


Itulah alasan awal mula AREBI terbentuk, di mana asosiasi tersebut akan mewadahi para pengusaha broker real estate dalam melakukan bisnisnya.


Nah, untuk mengetahui bagaimana asosiasi ini terbentuk serta apa saja manfaat tergabung dalam asosiasi tersebut, kita akan mengulasnya untuk kamu.


Yuk, simak ulasan berikut jika kamu tertarik untuk menjadi broker dan tergabung dalam asosiasi ini.


Sejarah AREBI 

Kepanjangan AREBI adalah Asosiasi Real Estate Broker Indonesia. Asosiasi ini merupakan organisasi profesi di bidang broker properti.


Kegiatan real estate yang semakin berkembang, membuat Drs. Ferry Sonneville memiliki ide untuk menggagas organisasi ini.


Saat itu, ia sedang menjabat sebagai Ketua REI dan FIABCI mengajak beberapa pengusaha memprakarsai terbentuknya organisasi ini.


Saat itu, Drs. Ferry Sonneville mengajak beberapa pengusaha yang tergabung dalam REI untuk bersama-sama membuat asosiasi para pengusaha broker.


Beberapa pengusaha tersebut di antaranya Ferry Sonneville, Frans Mardi, Santoso Sutrisno, Cynthia G Sonneville, Ir. Sulistyo Sidarto Mulyo, dan Pinky Elka Pangestu.


Singkat cerita, mereka semua akhirnya sepakat untuk membentuk asosiasi dengan nama Asosiasi Real Estate Broker Indonesia atau AREBI.


Asosiasi ini dikukuhkan secara aklamasi dengan menandatangani Nota Kesepakatan pada tanggal 7 Oktober 1992.


Peresmiannya diadakan di Sahid Jaya Hotel, Jakarta pada tanggal 17 Novenber 1992 oleh Menteri Perumahan Rakyat Ir. Siswoyo Yudohusodo pada saat itu.


Pada hari pengukuhan tersebut, sekaligus menunjuk Cynthia G. Sonneville sebagai ketua umum, yang dibantu oleh Frans Mardi dan Tirta Setiawan.


* Syarat Jadi Anggota AREBI

Jika kamu berencana untuk menjadi agen properti atau broker dan bergabung bersama asosiasi ini, berikut beberapa persyaratan dan cara daftar AREBI:


1. Mengajukan surat permohonan menjadi Anggota AREBI (isi formulir yang disediakan)

2. Membuat surat pernyataan “Bersedia Memenuhi Kewajiban Anggota Sesuai AD/ART AREBI” serta peraturan atau kode etik AREBI.

3. Rekomendasi dari satu orang pengurus atau perusahaan yang telah menjadi anggota Asosiasi Real Estate Broker Indonesia.

4. Fotokopi KTP

5. Fotokopi NPWP

6. Fotokopi Surat Izin Usaha (SIUP) alias SIU-P4.

7. Daftar susunan direksi dan dewan komisaris perusahaan (isi formulir yang disediakan Asosiasi Real Estate Broker Indonesia).

8. Profil perusahaan (company profile).

9. Struktur organisasi perusahaan, lengkap dengan bidang atau bagiannya.

10. Fotokopi akta pendirian perusahaan

11. Data kegiatan usaha jasa broker real estate yang sudah dikerjakan (jika ada)

12. Data kegiatan usaha jasa broker real estate yang akan dikerjakan (jika ada).

13. Membayar biaya keanggotaan berupa uang pangkal dan iuran tahunan keanggotaan.


* Manfaat Tergabung dalam Keanggotaan

Jika kamu telah tergabung dalam asosiasi ini, maka kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat dalam menjalani profesi sebagai broker properti, di antaranya:


1. Memperoleh pengakuan, penghargaan, dan perlindungan

2. Bersama-sama dapat mengembangkan standar kinerja dan imbalan jasa

3. Terlindungi dari tindakan-tindakan yang melanggar norma etika

4. Bersama-sama dapat mengembangkan penelitian dan pengembangan pranata

5. Memperoleh/dapat bertukar informasi sesama anggota

6. Pengembangan jaringan

7. Pengembangan melalui pendidikan tenaga profesional

8. Pengembangan wawasan baru dan kerjasama internasional

9. Pengembangan melalui pendidikan tenaga profesionalnya

10. Pengembangan wawasan baru dan kerjasama internasional


Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi agen properti atau broker properti, tentu lebih baik untuk bergabung dengan AREBI.


Banyak manfaatnya lantaran kamu bisa mengikuti pelatihan sebagai agen properti dan juga principal atau pemimpin kantor agen properti. (Suriawan)

 
Komentar

Berita Terkini