-->
    |



Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.
Loading...
DomaiNesia

5 Manfaat Daun Sirih Bagi Tubuh Manusia, Apa Saja Itu?

 

5 Manfaat Daun Sirih Bagi Tubuh Manusia, Apa Saja Itu?
Ket Foto : Daun Sirih
MEDIAPENDAMPING.COM | Medan - Sirih merupakan tanaman yang tumbuh merambat. Sirih bisa tumbuh hingga 15 meter tergantung kesuburan tanah dan media rambatnya.


Daun sirih berbentuk seperti jantung, ujung daunnya runcing. Daun sirih tumbuh berselang-seling pada batangnya dan memiliki aroma yang khas. Panjang daunnya 6-17,5 sentimeter dan lebarnya 3,5-10 sentimeter.


Sirih sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Dilansir dari buku Khasiat & Manfaat Daun Sirih : Obat Mujarab dari Masa ke Masa oleh Rini Damayanti Moeljanto, daun sirih memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. 


Baca Juga :

••  5 Bahan Alami Usir Bau Badan Salah Satunya Lemon, Yuk Kita Simak..

••  5 Cara Agar Kesehatan Jantung Terjaga Baik, Yang Perlu Dilakukan Setiap Hari..

••  5 Jenis Makanan Bisa Cegah Uban di Usia Muda, Yuk Kita Lihat Apa Saja Itu..


Berikut manfaat daun sirih:


1. Menyehatkan gigi, mulut, dan tenggorokan

Dahulu, penggunaan secara eksternal untuk kesehatan gigi dan mulut digunakan dengan cara seperti mengunyah sirih atau berkumur dengan air sirih,


Saat ini sudah banyak tersedia di pasaran obat kumur dan pasta gigi berbahan daun sirih untuk memudahkan mendapatkan manfaat daun sirih dengan menggunakannya secara eksternal di rongga mulut.


Selain manfaatnya untuk menguatkan gigi, daun sirih juga memiliki efek antibakteri yang baik untuk rongga mulut. Membunuh bakteri di dalam mulut bisa mencegah penyakit gigi dan mulut seperti gigi berlubang, bau mulut, dan gusi berdarah.


2. Memelihara daerah kewanitaan

Sirih banyak digunakan dalam produk untuk daerah kewanitaan karena kemampuannya untuk mencegah pertumbuhan jamur di daerah kewanitaan yang lembab. Dahulu, orang menggunakan air rebusan sirih untuk membasuh daerah kewanitaan.


Namun, sekarang daun sirih telah digunakan dalam berbagai produk, seperti sabun khusus daerah kewanitaan, tisu khusus daerah kewanitaan, atau pembalut yang mengandung ekstrak daun sirih.


3. Menghentikan perdarahan

Daun sirih dipercaya bisa menghentikan perdarahan. Dahulu, daun sirih sering digunakan dalam kasus mimisan.


Untuk mengobati mimisan, siapkan daun sirih yang telah dibersihkan kemudian digulung menjadi gulungan kecil. Gulungan daun sirih tersebut dimasukkan ke rongga hidung yang mimisan untuk menghentikan perdarahan.


4. Mencegah tumor

Sebuah studi yang dipublikasikan di NCBI menemukan bahwa ekstrak sirih bisa mencegah terjadinya tumor, serta menurunkan pertumbuhan tumor pada binatang yang diujicoba. Masih diperlukan studi lanjutan untuk menguji efektivitas khasiat ini pada tubuh manusia.


5. Berfungsi sebagai antiseptik

Kandungan kavikol dalam daun sirih memiliki kemampuan antibakteri lima kali lebih kuat dari fenol. Kavikol inilah sumber dari bau daun sirih yang khas yang sering kita cium.


Sebuah penelitian yang dipublikasikan tahun 2016 di Jurnal Kedokteran Universitas Lampung menyebutkan bahwa sirih memiliki efek antibakteri yang kuat. Sirih terbukti ampuh melawan bakteri Propionibacterium acne.


Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa daun sirih bisa menjadi alternatif untuk pengobatan  atau jerawat. Namun, bagaimana penggunaan dan dosis yang aman untuk digunakan di wajah masih membutuhkan studi lebih lanjut. (Junita Siagian)

 
Komentar

Berita Terkini