|

Loading...

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.

5 Jenis Makanan Bisa Cegah Uban di Usia Muda, Yuk Kita Lihat Apa Saja Itu..

 

5 Jenis Makanan Bisa Cegah Uban di Usia Muda, Yuk Kita Lihat Apa Saja Itu..
Ket Foto : Ket Foto : Salmon Sering disajikan Dalam Menu Sushi Ternyata Memiliki Manfaat Mencegah Uban

MEDIAPENDAMPING.COM | Medan - Gaya hidup tertentu dapat mempercepat pertumbuhan uban dirambut. Makanlah beberapa makanan untuk mencegah rambut beruban lebih awal.


Perubahan warna rambut dari hitam menjadi putih merupakan bagian dari proses penuaan. Tetapi beberapa orang, uban lebih mungkin muncul di usia yang relatif muda. Tentu Gaya hidup menjadi faktor penyebabnya.


Ada berbagai jenis makanan yang harus dimasukkan dalam makanan sehari-hari untuk rambut hitam yang indah lebih lama. Berikut ini mengutip beberapa sumber.


Baca Juga :

••  Usia Anda di Atas 40 Tahun?? Inilah 7 Makanan Yang Bisa Bikin Kamu Tampil Awet Muda

••  Kebiasaan - Kebiasaan yang Membuat Stres di Pagi Hari

••  Ingin Awet Muda? Lakukan 5 Kebiasaan Berikut Dalam Hidup Anda


1. Salmon

Tak ada salahnya sesekali memasukkan ikan salmon dalam menu makan siang. Mengutip Byrdie, perubahan kadar hormon bisa memicu kemunculan uban secara dini.


Salmon mengandung selenium yang berfungsi membantu kadar produksi hormon, yang pada akhirnya bisa mencegah datangnya uban. Di samping itu, salmon juga mengandung vitamin D yang berkaitan dengan pigmentasi rambut.


"Jika seseorang memiliki defisiensi vitamin D dan mengalami uban prematur, suplemen D-3 bisa membantu, tetapi diperoleh dari diet dengan ikan berlemak seperti salmon. Anda pun mendapat nutrisi lain untuk mendukung kesehatan rambut dan kulit seperti omega 3 dan protein," kata Jones, mengutip dari Cooking Light.


2. Telur

Biasanya bagian kuning dihindari saat mengonsumsi telur karena dianggap bisa meningkatkan kolesterol. Padahal, telur secara utuh perlu dikonsumsi untuk menjaga rambut tetap sehat.

Jones mengatakan, telur secara keseluruhan mengandung vitamin B-12, jenis vitamin yang tidak dimiliki tumbuhan. "Studi pada 2016 menunjukkan mereka yang mengalami penuaan prematur sangat mungkin mengalami status rendah kadar vitamin B-12," kata Jones.


3. Dark chocolate

Cokelat hitam alias dark chocolate merupakan sumber zat besi dan tembaga yang baik. Keduanya jadi nutrisi untuk mencegah uban dan penuaan.


"Kekurangan ferritin [penyimpanan zat besi dalam darah] telah dikaitkan dengan uban prematur dalam satu penelitian, dan sementara kekurangan tembaga jarang terjadi, nutrisi tersebut sebagian bertanggung jawab untuk produksi melanin," jelas Jones.


Seiring bertambah usia, kadar melanin makin rendah. Jaga kadar tembaga Anda untuk memerangi proses penuaan dini dengan mengonsumsi coklat hitam.


4.Makanan fermentasi

Selain menjaga kesehatan saluran pencernaan, probiotik juga bermanfaat untuk kesehatan rambut.


Ahli diet Kelly Jones mengatakan, usus sehat penting untuk mendukung rambut sehat. Bakteri usus memproduksi vitamin B dan biotin yang berguna buat rambut. Kekurangan biotin bisa mengakibatkan perubahan warna dan kekuatan rambut.


5. Hati sapi

Konsumsi hati sapi akan memberikan asupan vitamin B-12 berlimpah. Sekitar 100 gram hati sapi mengandung 95,48 mikrogram vitamin B-12. Kekurangan vitamin B-12 berhubungan dengan anemia dan berasosiasi dengan kemunculan uban.


Asupan vitamin B-12 untuk orang dewasa sehari sekitar 2,4 mikrogram. Namun, semakin bertambahnya usia, tubuh semakin sulit menyerap vitamin B-12 sehingga perlu asupan makanan pengganti.


Mengutip Eat This Not That, selain mengandung vitamin B-12, hati sapi juga memiliki kandungan tembaga yang bisa membantu mencegah kemunculan uban terlalu dini.


Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan fermentasi seperti yogurt, kimchi, acar, dan miso. (Junita Siagian)

 
Komentar

Berita Terkini