-->
    |


Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.
Loading...
DomaiNesia

Tegas! Wali Kota Medan Bobby Nasution Copot Lurah Sidorame Timur Hermanto, Sering Pungli Warga

 

Tegas! Wali Kota Medan Bobby Nasution Copot Lurah Sidorame Timur Hermanto, Sering Pungli Warga
Ket Foto : Walikota Medan Bobby Nasution Melakukan Inspeksi Mendadak ke Kantor Lurah Sidorame Timur
MEDIAPENDAMPING.COM | Medan - Walikota Medan Bobby Nasution melakukan inspeksi mendadak ke Kantor Lurah Sidorame Timur, Kecamatan Medan Perjuangan, Jumat (23/4/2021).


Banyaknya laporan masyarakat kepada Bobby yang mengatakan Lurah Sidorame Timur dan stafnya sering kali meminta uang pengurusan sana sini.


"Masyarakat sudah susah kok dimintai uang lagi pak. Bahaya loh ini. Saya tidak suka kalau begini caranya," tegas Bobby kepada Lurah Hermanto


Lurah Sidorame Timur, Hermanto trus menyangkal tuduhan pungli yang diadukan masyarakat kepada Bobby dan jajarannya, walau Bobby sudah mengeluarkan beberapa bukti rekaman kiriman dari masyarakat.


"Saya tidak ada meminta (uang) kepada masyarakat. Mungkin masyarakat sudah tidak suka dengan saya," kata Hermanto.


"Jadi bapak katakan tidak ada pungli, tidak ngaku? Ini saya ada rekamannya loh, kita buka ya video dan rekaman suaranya," kata Bobby, yang kemudian menunjukkan rekaman.


Baca Juga  : 





Walaupun begitu Lurah Hermanto menerima pencopotan jabatan yang dilakukan Walikota Bobby.


"Saya terima, dan saya mendukung program Pak Wali Kota untuk memajukan Kota Medan," ujar dia.


Di dalam rekaman tersebut, terdapat suara Hermanto yang meminta sejumlah yang kepada masyarakat yang hendak mengurus sesuatu.


“Walau bahasanya seikhlas hati itu tidak benar. Sudah bapak jangan jadi lurah lagi. Ibu juga,” tegas Bobby, seraya mencopot jabatan Lurah Sidorame Timur dan Kasi Pembangunan Dinas Simanjuntak.


                


"Ini jelas suara ibu juga ada, kok bilang jangan mau diatur masyarakat? Jadi siapa lagi yang mengatur kita kalau bukan masyarakat? Kita kan bekerja untuk melayani, jangan malah dikutip uang begitu,” tegas Walkot Medan.


Bobby menekankan, pungutan dalam bentuk apa pun tidak boleh dilakukan oleh pejabat pemerintahan.


Masyarakat Kelurahan Sidorame Timur banyak mengeluh soal tarif pengurusan Surat Keterangan Usaha (SKU) yang mencapai Rp 200.000.


"Mana mau di sini kalau ngurus bayar Rp 20.000, minimal (harus bayar) Rp 50.000 ribu," ucap warga, usai Bobby beranjak dari Kantor Lurah Sidorame Timur.


Kepala Lingkungan (Kepling) Lingkungan 13 Reswandi Siregar juga membenarkan dugaan pungli yang kerap terjadi di Kelurahan Sidorame Timur.


Di hadapan Walikota Bobby, Reswandi membenarkan beberapa item pengurusan yang memang dimintai uang oleh pihak kelurahan jika masyarakat ingin urusannya segera selesai.


"Beragam pak, ada urusan administrasi penduduk, surat domisili dan SKU. Jumlah kutipannya bervariasi. Ya intinya harus ada ingot-ingotnya pak," jelas Kepling Reswandi 


Menanggapi aduan Kepling Lingkungan 13, Wali Kota Bobby pun menjamin bahwa tindakan Kepling tidak salah.


"Ini yang melapor langsung masyarakat. Saat ini zaman sudah maju. Saya setiap hari menerima laporan masyarakat via medsos saya. Itu saya baca dan akan ditindak segera kalau merugikan masyarakat," pungkas Bobby. (Suriawan)
 
Komentar

Berita Terkini