-->
    |

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.
Loading...
DomaiNesia

Kombes Pol Dicky Sondani: Empat Titik Perbatasan Wilayah Aceh dengan Sumut Akan Ditutup Jelang Lebaran

 

Kombes Pol Dicky Sondani: Empat Titik Perbatasan Wilayah Aceh dengan Sumut Akan Ditutup Jelang Lebaran
Ket Foto  : Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani

MEDIAPENDAMPING.COM | Aceh - Polda Aceh dalam waktu dekat akan menutup perbatasan antara Aceh dan Provinsi Sumatera Utara di empat titik di wilayah Aceh, yakni Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, Subulussalam, dan Aceh Singkil. Menurut Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani, penutupan perbatasan ini akan diberlakukan bagi penumpang dan kendaraan pribadi, bukan kendaraan pengangkut sembako, BBM, ambulans, dan jenis kendaraan lain untuk kepentingan dan kebutuhan masyarakat. 


Kawasan perbatasan ini ditutup untuk menindaklanjuti Peraturan Menteri (PM) Nomor 13 Tahun 2021 tentang pengendalian lalu lintas selama Idul Fitri 1442 H / tahun 2021 terkait pencegahan penyebaran COVID-19. Dimana pada Peraturan Menteri tersebut, pemerintah secara resmi melarang warga untuk melakukan mudik lebaran tahun ini agar mata rantai Covid-19 terputus.


Tentu saja larangan ini sama dengan larangan mudik tahun lalu. "Yang jelas perbatasan antara Aceh dan Sumatera Utara akan kita tutup, seperti di wilayah Aceh Tenggara, Aceh Tamiang, Aceh Singkil, dan Subulussalam. Kita semua akan tutup," kata Kombes Dicky kepada Serambinews.com, Minggu (18/4). 2021). 


Dicky mengatakan penutupan akan dilakukan pada 6 dan 17 Mei. Selama periode ini, tidak ada satu pun kendaraan umum (bus penumpang) yang diperbolehkan melintasi Aceh-Sumatera Utara. Demikian pula, kendaraan pribadi tidak diperbolehkan masuk atau keluar Aceh berdasarkan jadwal ini. 


Baca Juga  : 

••  Latih Asesor Wartawan, BNSP Larang DP Sertifikasi Wartawan

••  Kapoldasu Lakukan Penyekatan Di Jalur Perbatasan Antisipasi Masuknya Arus Pemudik 2021

••  Waduh! Bappebti Blokir 105 Situs Investasi Bodong Termasuk Olymp Trade


“Dari tanggal 6-17 Mei nanti tidak semua bus boleh jalan, kalau ada kami minta mereka putar balik. Kecuali makanan, logistik, BBM, ambulans, TNI / Polri menjalankan tugasnya, dan beberapa lainnya. Lainnya seperti yang disampaikan oleh General Manager Perhubungan Darat Kemenhub, ”ujarnya  Dicky.


Pada hari itu, kata Dicky, tidak boleh ada warga Aceh yang pergi ke Sumut, begitu pula warga Sumut tidak bisa masuk ke Aceh.


“Saya juga akan koordinasi dengan Dirlantas Polda Sumut, nanti mereka juga akan diisolasi aparat di wilayah Sumatera. Warga di sana juga akan dilarang bepergian ke Aceh,” kata Dicky.


Bagi masyarakat Aceh yang ingin merayakan Idul Fitri di Sumatera Utara, Dicky mengatakan harus berangkat sebelum tanggal 6 Mei karena sudah tidak diperbolehkan lagi pada hari itu, meski tidak menggunakan bus umum, bahkan mobil pribadi pun tidak diperbolehkan.


“Jadi kalau orang Aceh mau ke Medan sebelum tanggal 6 Mei 5 Mei boleh. Sekarang masih boleh pakai angkutan umum. Kalau berangkat sekarang baru pulang setelah tanggal 17 Mei. Kalau mau melihat-lihat sebentar, pulang lebih awal, "kata Dicky.


 

Dicky mengimbau seluruh operator angkutan umum antar provinsi untuk benar-benar mematuhinya dan tidak melakukan operasi apa pun pada tanggal tersebut. Pihaknya akan memantau sehari sebelum acara.


“Kita minta semua orang taat sesuai petunjuk pusat. Tujuannya kita bersama, agar penyebaran Covid-19 di Aceh tidak meningkat dan kita bisa terus menekan angka yang ada,” pungkas Kombes Pol Dicky. (Ahmad Azhar)



Sumber : Serambinews

 
Komentar

Berita Terkini