-->
    |

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.
Loading...
DomaiNesia

Kabupaten Deli Serdang Berhasil Raih Terbaik 1 Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

 

Kabupaten Deli Serdang Berhasil Raih Terbaik 1 Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021
Ket Foto  :  Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Berikan Penghargaan Berupa Trophy  Kepada Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan 

MEDIAPENDAMPING.COM | Medan -Kabupaten Deli Serdang berhasil meraih Terbaik 1 Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 untuk Kategori Kabupaten, Tingkat Provinsi Sumatera Utara,


Penghargaan berupa Trophy tersebut langsung diberikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi kepada Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan pada saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022 di Hotel Santika Diandra, Kamis (8/4)


Gubernur Sumatera Utara  Edy Rahmayadi mengucapkan selamat kepada Kabupaten/kota penerima penghargaan. Kepada Kabupaten / Kota se-Sumut, Gubernur mengajak untuk membangun daerah yang lebih baik lagi dengan memperhatikan masyarakat yang saat ini dalam kondisi memprihatinkan ditengah pendemi Covid-19.


Pandemi Covid-19 yang melanda dunia, kata Gubernur, telah memengaruhi sendi kehidupan masyarakat, terutama pertumbuhan ekonomi yang mengalami kontraksi di semua sektor. Untuk itu, Musrenbang kali ini mengedepankan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) sebagai upaya memulihkan ekonomi dan kehidupan masyarakat.


“Ada beberapa target pembangunan yang tidak bisa terpenuhi di 2021 karena kondisi Covid-19, akan kita lanjutkan di 2022. Karena itu temanya adalah Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Kehidupan Masyarakat, yang menjadi fokus pembangunan, seperti peningkatan nilai tambah di sektor agraris, pariwisata, peningkatan sarana dan prasarana ketenagakerjaan, akses mutu pendidikan, kesehatan, pelayanan sosial dan infrastruktur,” ujar Gubernur.


Langkah pemulihan dimaksud, lanjut Gubernur, dapat dijalankan dengan memfokuskan pembangunan di sektor tertentu sesuai potensi dan unggulan masing-masing daerah. Karenanya pemerintah kabupaten/kota dan seluruh pemangku kepentingan diminta untuk aktif, agar alokasi anggaran yang diberikan melalui Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) dimanfaatkan secara maksimal dan efektif.


Baca Juga : 

••  Kajatisu Buka Pelatihan dan Peningkatan Jurnalis Forwaka di Lingkungan Kejati Sumut

••  Bupati Deli Serdang Resmikan Jalan Tuan Syekh HM Arsyad Thalib Lubis Kecamatan Lubuk Pakam

••  Hakim 3 Kali Tunda Sidang Kasus Pembunuhan, Terdakwa Ko Ahwat Terpapar Covid


Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan setelah mengikuti pembukaan Musrenbang Provinsi Sumut mengatakan, Sangat berterima kasih kepada Pemprov Sumatera Utara yang telah mengapresiasi kinerja Pemkab Deli Serdang.


Pemerintah Kabupaten Deli Serdang akan menyesuaikan dan menselaraskan perencanaan pembangunan agar sesuai dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi sesuai dengan penjelasan yang disampaikan  Gubernur Edy Rahmayadi.


Kepala Bappeda Kabupaten Deli Serdang Remus Hasiholan Pardede yang ikut mendampingi Bupati menjelaskan Keberhasilan pelaksanaan pembangunan ditentukan oleh keberhasilan daerah dalam menyiapkan perencanaan, pelaksanaan, dan pencapaian pembangunan daerah dengan baik.


Dalam rangka meningkatkan keterpaduan pelaksanaan pembangunan pusat dan daerah serta sebagai bentuk motivasi dan apresiasi kepada Pemerintah Daerah atas prestasinya dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan evaluasi komprehensif dan kreatif melalui Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD).


Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) merupakan kegiatan pengendalian perencanaan pembangunan daerah oleh Kementerian PPN/Bappenas melalui evaluasi kreatif dan komprehensif terhadap pembangunan daerah untuk tingkat provinsi, kabupaten, dan kota setiap tahun. Pemerintah pusat memberikan apresiasi kepada provinsi, kabupaten, dan kota yang berhasil dengan baik dalam perencanaan, pencapaian pelaksanaan, dan inovasi pembangunan.


Penilaian PPD dilakukan secara berjenjang. Untuk penilaian PPD bagi Kabupaten/Kota terbaik di tingkat provinsi sumatera utara, dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Adapun secara umum kriteria penilaian PPD adalah : Pencapaian Indikator Makro Pembangunan (selama 2 tahun terakhir) ,Informasi Pembangunan Daerah: meliputi Pengelolaan Keuangan Daerah, Pelayanan Publik, dan Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja,Proses Perencanaan Pembangunan Daerah, dan Program Unggulan di Masa Pandemi.


Oleh karenanya, Pemprovsu memberikan apresiasi kepada Pemkab Deli Serdang dengan pemberian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Terbaik 1 Kategori Kabupaten. Dikarenakan Pemkab Deli Serdang sudah memenuhi kriteria yang diinginkan oleh Tim PPD. (Wilmar Tambunan)

 
Komentar

Berita Terkini