-->
    |
Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Film Nomadland Hantarkan Chloe Zhao Jadi Sutradara

 

Film Nomadland Hantarkan Chloe Zhao Jadi Sutradara
Ket Foto  :  Academy Awards ke-93 atau Oscar 2021 Menjadi Momen Khusus Kepada Chole Zhao. 

MEDIAPENDAMPING.COM | Jakarta - Academy Awards ke-93 atau Oscar 2021 menjadi momen khusus kepada Chole Zhao. Bukan tanpa alasan, film Nomadland yang ia sutradarai menang sebagai kategori Directing atau Sutradara terbaik dalam tersebut.


Saing dalam finalis kategori itu antara lain Lee Isaac Chung (Minari) yang sempat menjadi perbincangan. Tiga sutradara lain yang turut ia kalahkan adalah Thomas Vinterberg (Another Round), David Fincher (Mank), dan Emerald Fennell (Promising Young Woman).


Piala Oscar ini menjadi yang pertama bagi sutradara asal China tersebut. Ia menjadi wanita Asia pertama yang berada di nominasi, sekaligus memenangkan sutradara terbaik Piala Oscar.


Pada Oscar 2021, ia juga dinominasikan di dua kategori lainnya, yaitu Best Adapted Screenplay, dan Best Achievement in Film Editing.


Baca Juga  : 

••  Kisruh di Tengah Kebahagian, Nathalie Holscher telah 'Berbadan Dua'

••  Sosok Asli Nathalie, Nunung: Anak-anak Sule Deket sama Dia

••  Lupa Pertama kali Bertemu, Kalina Ocktaranny: Vicky Prasetyo Banyak Bertemu Perempuan


"Ini untuk siapa saja yang memiliki keyakinan dan keberanian untuk berpegang pada kebaikan dalam dirinya sendiri, dan untuk mempertahankan kebaikan dalam diri satu sama lain." ujar Chloe Zhao dalam pidato kemenangannya.


Nomadland diadaptasi dari buku non-fiksi bertajuk Nomadland: Surviving America in the Twenty-First Century karya Jessica Bruder. Film ini tayang perdana pada 11 September 2020 di Festival Film Venesia dan memenangkan penghargaan Golden Lion.


Film ini bercerita tentang Fern (Frances McDormand) yang mengalami masa-masa sulit setelah kematian suaminya. Situasi kian parah karena ia tak lagi memiliki pekerjaan setelah pabrik gipsum di kotanya tutup.


Sebagai seorang perempuan yang tidak lagi muda, Fern kesulitan mendapatkan pekerjaan baru. Ia pun memutuskan untuk menjual sebagian besar barang miliknya dan membeli mobil RV untuk pindah ke kota lain demi mendapatkan kehidupan baru yang lebih indah.


Tanpa ada kawan, Fern berkeliling ke sejumlah negara bagian untuk mencari pekerjaan baru. Suatu hari, Fern akhirnya mendapat pekerjaan sebagai pekerja musiman di gudang Amazon selama musim dingin.


Lewat seorang rekan, Fern kemudian mendapat undangan untuk datang ke pertemuan musim dingin gurun pasir di Arizona yang diselenggarakan oleh Bob Wells. Acara itu merupakan ajang pertemuan untuk komunitas sesama pengembara.


Kemenangan Zhao dibacakan oleh sutradara Bong Joon-ho yang dikenal menyutradarai film Parasite (2019). Pada Oscar 2019 Parasite berhasil membawa empat piala Oscar, salah satunya adalah sutradara terbaik. (Jos)

 
Komentar

Berita Terkini