-->
    |
Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Cegah Dehidrasi Selama Bulan Puasa, Ini Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari

 

Cegah Dehidrasi Selama Bulan Puasa, Ini Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari
Ket Foto : Ilustrasi Minum Mencegah Dehidrasi

MEDIAPENDAMPING.COM - Walaupun hanya satu persen kehilangan air dalam satu hari tanpa makanan dan asupan air, faktor-faktor seperti cuaca panas, aktivitas fisik, dan durasi yang lama (selama sebulan penuh di bulan Ramadhan) bisa menyebabkan kehilangan banyak cairan dan dehidrasi besar.


Makanan atau minuman yang harus dihindari untuk mencegah dehidrasi seperti dilansir Boldsky, yaitu:


1. Alkohol 

Minuman beralkohol seperti bir bertindak sebagai diuretik alami. Artinya, Alkohol tersebut mengandung zat yang mampu mendorong diuresis, termasuk diuresis paksa, yang bisa  meningkatkan produksi urin. Pada saat produktivitas urine meningkat, maka risiko dehidrasi juga meningkat. Untuk itu, pada saat berpuasa alkohol harus dihindari, karena juga dilarang selama bulan suci Ramadhan. 


2. Kopi / Teh Minuman berkafein 

Teh dan Kopi apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan bisa menyebabkan dehidrasi. Ini karena kafein bertindak sebagai antagonis reseptor adenosin dan mengurangi reabsorpsi natrium sel tubuh, yang merupakan elektrolit esensial. Dalam ukuran sedang, kafein mungkin tidak mengalami dehidrasi, tetapi jika dosisnya besar (lebih dari 500 mg), dapat berperilaku sebagai diuretik dan menyebabkan dehidrasi. 


Baca Juga  : 

••  Kaki Ramping Olla Ramlan yang Ramai Jadi Omongan, Ini 5 Potretnya

••  Tak Berhasil Pikat Hati Luna Maya, Ini Upaya Herjunot Ali

••  Hamil Kedua, Nagita Slavina Dapat Wejangan dari Mama Rieta


3. Minuman olahraga berkalori tinggi 

Orang-orang yang berhubungan dengan olahraga dan menjalankan puasa selama Ramadhan sering kali dianjurkan minuman olahraga. Minuman untuk ber olahraga ini sering kali memiliki kandungan glukosa yang lebih tinggi yang bisa membantu menjaga tingkat energi atlet untuk waktu yang lama. Tapi, pada beberapa orang yang penderita diabetes, kalori yang tinggi bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh dan menyebabkan dehidrasi. 


4. Jus buah 

Minum jus buah hasil olahan sendiri tanpa gula mampu mengatasi dehidrasi sampai batas tertentu, tetapi, cairan sintetis seperti jus buah buatan dapat memberi Anda energi instan, tetapi menyebabkan dehidrasi karena kandungan gulanya yang tinggi. Selain itu, karena kandungan natrium dan kaliumnya yang rendah, dapat menyebabkan masalah perut. 


                   


5. Makanan tinggi garam 

Mengkonsumsi makanan asin berlebihan seperti keripik, saus, dan daging olahan bisa menarik air dari sel tubuh dan menyebabkan dehidrasi. Dan juga, disebabkan oleh frekuensi berkeringat yang berlebihan selama musim panas, kelebihan natrium dan air bisa hilang dari tubuh. Hindari makanan asin untuk mencegah dehidrasi, tapi jangan hindari semuanya karena natrium juga dibutuhkan untuk mengembalikan keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit total. (Ahmad)

 
Komentar

Berita Terkini