-->
    |
Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Cegah Dehidrasi dan Tetap Segar Selama Puasa, Ini Makanan dan Minuman yang Harus Dikonsumsi

 

Cegah Dehidrasi dan Tetap Segar Selama Puasa, Ini Makanan dan Minuman yang Harus Dikonsumsi
Ket Foto : Ilustrasi Buah Baik Untuk Mencegah Dehidrasi 

MEDIAPENDAMPING.COM - Berdasarkan hasil penelitian, frekuensi makan dan jumlah air berkurang selama Ramadhan, yang bisa menyebabkan penurunan berat badan , penurunan energi, dan terutama dehidrasi.


Studi lain menunjukkan bahwa kekurangan makanan dan cairan di siang hari di bulan Ramadhan dapat menyebabkan defisit air tubuh yang sangat besar dan penurunan fungsi kognitif dan fisik. Meski kehilangan air dalam sehari tanpa makanan dan asupan air hanya satu persen, faktor-faktor seperti cuaca panas, aktivitas fisik, dan durasi yang lama (sebulan penuh di bulan Ramadhan) dapat menyebabkan kehilangan cairan yang parah dan dehidrasi parah.


Untuk menghindari dehidrasi saat puasa Ramadhan, ada berbagai makanan yang harus dimakan agar tubuh tetap terhidrasi, serta makanan yang harus dihindari untuk menghindari risiko dehidrasi.


Baca Juga  : 

••  Cegah Dehidrasi Selama Bulan Puasa, Ini Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari

••  Kaki Ramping Olla Ramlan yang Ramai Jadi Omongan, Ini 5 Potretnya

••  Tak Berhasil Pikat Hati Luna Maya, Ini Upaya Herjunot Ali


1. Semangka

Satu penelitian menunjukkan bahwa semangka mengandung sekitar 92 persen air per 100 gram, selain antioksidan alami seperti likopen, sitrulin, dan askorbat. ASAM; Vitamin seperti vitamin B1 dan B6 dan mineral seperti magnesium dan kalium. Kandungan air dan mineral yang tinggi pada semangka dapat membantu menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh dan mencegah dehidrasi. Isi semangka USDA: 91,45 g (100 g)


2. Salad

Selada adalah sayuran hijau yang diisi dengan banyak air bersama dengan serat dan nutrisi lainnya. Sayuran ini adalah sumber yang sangat baik untuk melawan panasnya musim panas dan mencegah dehidrasi saat berpuasa. Selada juga dikenal dapat mencegah kulit kering dan melindunginya dari sinar matahari. Kandungan air USDA dalam selada: 94,61 g (100 g).


3. Mentimun

Timun atau Mentimun adalah sumber potasium, asam folat, dan juga vitamin C. Menurut sebuah penelitian, mentimun sangat bagus untuk melembabkan kulit dan melembabkan tubuh. Ini juga mengandung silika mineral esensial, yang merupakan bagian penting dari jaringan ikat seperti tendon, otot, tulang dan ligamen. Karena kandungan airnya yang tinggi, mentimun dapat membantu mencegah dehidrasi saat berpuasa. Kandungan air USDA pada mentimun: 95,23 g (100 g)


4. Tomat

Tomat dikemas dengan kandungan air yang tinggi dan mencegah dehidrasi. Ini adalah makanan musim panas yang sangat baik dan dapat dikonsumsi selama Ramadhan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan sehat. Lycopene antioksidan penting dalam tomat juga membantu menjaga berbagai fungsi tubuh. Kandungan air USDA pada tomat: 94,78 g (100 g)


                   


5. Susu skim

Satu studi menemukan bahwa susu skim lebih melembapkan daripada air karena tubuh menyimpan susu skim lebih lama daripada susu skim. Mempertahankan cairan ini di dalam tubuh untuk waktu yang lama membantu menjaga tingkat air dalam tubuh dan mencegah dehidrasi, terutama di musim panas. Karena itu, saat Anda berpuasa, susu skim merupakan makanan terbaik. Kandungan air USDA dalam susu skim: 90,8 g (100 g). (Ahmad)


 
Komentar

Berita Terkini