-->
    |
Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.
Loading...

Deli Serdang Ikuti Verifikasi Lapangan Penghargaan APE 2020 Sebagai Bentuk Dukungan Kesetaraan Gender

 

Deli Serdang Ikuti Verifikasi Lapangan Penghargaan APE 2020 Sebagai Bentuk Dukungan Kesetaraan Gender
Ket Foto : Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar

MEDIAPENDAMPING.COM | Lubuk Pakam - Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar ,mengikuti acara verifikasi lapangan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 yang digelar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI secara virtual di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati ,Kamis (25/3) Siang.


Anugerah Parahita Ekapraya (APE) adalah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan Kementrian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui Strategi Pengarusutamaan Gender (PuG),

 

Sambutan Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Kesetaraan Gender Kemen P3A M.Ihsan S.Ag,MA ,mengatakan  tidak seperti tahun-tahun yang lalu, tahun ini penilaian dilakukan secara daring atau online, ini menjadi tantangan tersendiri baik bagi tim verifikator dalam melakukan verifikasi data dan informasi, maupun bagi pemerintah daerah dalam menyiapkan data dan informasi yang dibutuhkan.


Baca Juga  : 

••  Tindaklanjut Persoalan Bidan Farida, MKF MNI Sumut: Kalau tidak bisa RDP, Mediasikan Saja Dulu...

••  Ketua LVRI Wilayah Kota Sawahlunto Sampaikan Terimakasih Kepada Kababinminvetcaddam I/BB Atas Perhatiannya

••  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Silahturahmi ke Ulama Habib Syech Bahas Covid-19 dan Vaksinasi Nasional


loading...


M.Ihsan juga mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi Pemkab Deli Serdang yang telah melengkapi data dan informasi terkait perkembangan pelaksanaan PuG sesuai dengan batas waktun yang telah ditentukan.


“data dan informasi tersebut sangat berharga tidak hanya bagi kami Kementerian P3A dan juga Pemkab Deli Serdang sebagi sebuah landasan untuk melaksanaan langkah-langkah strategi dan kebijakan”ucap M. Ihsan.


Dalam sambutannya, Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar antaralain mengatakan Sejalan dengan Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI No. 7 tahun 2018 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 9 Tahun 2015 tentang indikator pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, yang telah kita tindak lanjuti dengan pengisian form evaluasi tersebut pada tahap sebelumnya, maka pada hari ini kita semua bersama berada di tempat ini, dalam rangka menerima tim verifikasi evaluasi pelaksanaan pengarusutamaan gender di Kabupaten Deli Serdang tahun 2020. Yang mana Kabupaten Deli Serdang sebagai salah satu nominator calon penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE). Yaitu penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada kementerian/ lembaga, pemerintah daerah, provinsi dan kabupaten/kota yang telah berkomitmen tinggi dalam pelaksanaan Strategi Pengarustamaan Gender (PuG) dan Pemberdayaan Perempuan (PP) di berbagai sektor pembangunan.”Kata HM Ali Yusuf Siregar


Pelaksanaan pengarusutamaan gender dan pemberdayaan perempuan  di Kabupaten Deli Serdang sesuai dengan RPJMD dilaksanakan dalam  berbagai program kegiatan pada perangkat daerah dengan cakupan pemanfaatan anggaran sebesar Rp.66.294.785.420,- pada tahun 2019, dan Rp. 171.940.385.089,-  pada tahun 2020. Program- program tersebut tidak hanya dilaksanakan oleh Dinas P2KB dan P3A melainkan bersinergi dengan OPD dan lembaga lainnya yang diwadahi melalui kelompok kerja, gugus tugas dan forum koordinasi lainnya. Yang juga telah mengantarkan OPD dapat meraih penghargaan-penghargaan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing. Dan muara dari komitmen seluruh perangkat daerah serta stakeholder ini, telah mengantarkan Deli Serdang pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2020 menjadi 75,44 dari sebelumnya 75,43.”Jelas HM Ali Yusuf Siregar 


Akhir kata,Pemkab Deli Serdang menyampaikan terimakasih kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Utara dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI yang telah banyak membantu kami dalam program-program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak sehingga dapat mengantarkan posisi kami untuk dapat diverifikasi oleh tim evaluator.


“Semoga nantinya Kabupaten Deli Serdang dapat menerima penghargaan dalam bentuk Anugerah Parahita Ekapraya”.ucap HM Ali Yusuf Siregar


Setelah acara pembukaan , Tim Verikator Independen Dr.Ir. Sulikanti Agusni melakukan verifikasi data dengan bertanya secara langsung tentang data-data yang telah diisi oleh Tim Pokja Pengarusutamaan Gender (PUG) yang terdiri dari beberapa OPD dan Akademisi.


Acara verifikasi ini dibuka oleh Perwakilan Kementerian PPPA Dina Juwita dan juga hadir Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Kesetaraan Gender Kementerian P3A M.Ihsan S.Ag,MA , selaku verifikator independent adalah Dr. Ir. Sulikanti Agusni, M.Sc., dan selaku Fungsional Analis Kebijakan Ahli Madya Deputi Kesetaraan Gender Kementerian PPPA Susanti.


Pada Acara ini juga diikuti oleh Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang Ny Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar, Ketua Dharmawanita Persatuan Ny. Herawati Darwin Zein, Asisten I Citra Effendi Capah, Kepala Bappeda Remus H Pardede, Plt Kadis P2KB dan P3A Miska Gewasari serta beberapa OPD terkait, Camat, beberapa Universitas, Organisasi Wanita dan Organisasi Wanita Islam (Wilmar Tambunan)


Sumber : Humas Pemkab DS

 
Komentar

Berita Terkini