|

Loading...

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.

Dekranasda Dairi Pamerkan Kerajinan Tangan Tenun Silalahi Di Kaldera Toba

 

Ket Foto  :  Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Dairi memamerkan hasil kerajinan tangan atau kriya di The Kaldera Toba Nomadic Escape, Kabupaten Toba pada Senin (15/2/2021).

MEDIAPENDAMPING.COM | Toba – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Dairi memamerkan hasil kerajinan tangan atau kriya di The Kaldera Toba Nomadic Escape, Kabupaten Toba pada Senin (15/2/2021). Bersama dengan para pengrajin yang berada di Kawasan Danau Toba, kegiatan tersebut diadakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara guna membicarakan berbagai upaya yang dapat diambil untuk menjadikan kriya ulos dan gorga Batak mendunia.


Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara Nawal Lubis di dampingi Wakil Ketua Dekranasda Sumatera Utara Sri Ayu Mihari hadir langsung dalam kegiatan tersebut. Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu juga hadir langsung dalam pertemuan tersebut. Mendampingi salah satu pembuat kerajinan tangan Tenun Silalahi, Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi terlihat menggunakan langsung hasil produk Tenun Silalahi yakni masker yang seragam bersama dengan baju yang di pakai.

BACA JUGA  : 

>>>  Pemkab Deli Serdang Lakukan Sosialisasi Dan Simulasi Pelaksanaan MTQ ke-54 di Batang Kuis

>>>  Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan Terima Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI dan Menpora

>>>  Walikota Tebing Tinggi Terima Audiensi dari KAHMI, DMI, ICMI, Bahas Pembangunan UINSU


Kepada Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda Sumatera Utara saat menghampiri stand produk kerajinan tangan Kabupaten Dairi, Ny. Romy Mariani memaparkan hasil produk kerajinan tangan yang dipajangkan, yakni Kain Tenun Ulos Silalahi dan Tas Perbunga Rintua Tenun Ulos Silalahi. “Kami membuat ini yang sudah dibuat dari pewarna alam. Benang yang digunakan sudah organik jadi sangat ramah lingkungan atau suistainable living echo fashion konsepnya,” papar Ny. Romy kepada Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda Sumatera Utara.


loading...


Pewarna alam yang digunakan diutarakan Beliau untuk pewarnaan benang menggunakan daun ketapang, kunyit, tayom untuk  biru dan masih ada bahan alami lainnya. Untuk setiap hasil dari penjualan produk kerajinan tangan tersebut, Ny. Romy Mariani menuturkan setiap 2,5% akan diberikan kembali kepada para Petenun Ulos Silalahi.


“UKM kita setiap melakukan transaksi sudah melakukan transaski pembayaran dengan non tunai menggunakan QRIS, jadi sudah menggunakan non cash. UKM kita juga sudah siap untuk launching Beli Kreatif Danau Toba yang akan di launching pada tanggal 20 Februari nanti” terang Beliau.


Pada kesempatan itu juga Ny. Romy Mariani bersama Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda Sumatera Utara membicarakan, Program kerja 2021 dimana saa ini Dekranasda Kabupaten Dairi siap untuk mendukung program pemerintah #BeliKreatifDanauToba.


Pada saat launching tanggal 20 Februari nanti disampaikan Beliau designer binaan Dekranasda Kabupaten Dairi akan ikut ambil bagian dalam fashion show bersama designer Ibu Kota. “Tanggal 22 Februari akan ada 10 penjahit dan designer Dairi akan ikut pelatihan di Medan selama 15 hari yaitu program dari Bank Indonesia sebagai bagian dari kegiatan #BeliKreatifDanauToba.


Hosting Unlimited Indonesia             


Pada tanggal 19 Februari binaan Dekranasda juga akan ikut pelatihan manajemen bisnis singkat termasuk pengelolaan dan pemakain payment gateway non cash yang akan di sponsori oleh DANA,” ucap Ny. Romy Mariani.


Sementara itu, Ketua Dekranasda Sumatera Utara dalam kesempatan tersebut mengatakan dengan mengawinkan kultur tradisi dan sentuhan modern maka akan memiliki daya pakai lebih tinggi sehingga kain ulos dapat terus dilestarikan lintas zaman dan generasi. “Lewat tangan kreatif anak bangsa, ulos bisa menjadi busana dan aksesoris yang elegan dan berkelas dunia," ujar Beliau. Wakil Ketua Dekranasda Sumatera Utara menambahkan, untuk mengembangkan kriya ulos dan gorga, warga Sumut harus diajak turut bangga menggunakan hasil dari perajin daerah. Ulos dan gorga adalah produk kriya asli Sumut untuk Indonesia, yang menjadi bagian kekayaan dan dari jati diri bangsa. “Karena itu, mari kita lestarikan dan kembangkan untuk kesejahteraan bersama,” kata Beliau.


Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua Dekranasda Tapanuli Utara Satika Nikson Nababan, Ketua Dekranasda Kabupaten Humbang Hasundutan Lydia Dosmar Banjarnahor, dan Ketua Dekranasda Kabupaten Karo Sariati Terkelin Brahmana. Juga hadir dalam kegiatan tersebut 1st Runner Up Putri Pariwisata Sumut 2018 Aziva Zahrianis. Ia juga berkesempatan untuk promosikan hasil kerajinan tangan produk Tenun Silalahi. (Haposan Simanjuntak)

 
Komentar

Berita Terkini