|

Loading...

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.

Bupati H Ashari Tambunan Resmi Buka MTQ Ke-54 Kabupaten Deli Serdang

Ket Foto  :  Bupati H Ashari Tambunan Resmi Buka MTQ Ke-54 Kabupaten Deli Serdang

 MEDIAPENDAMPING.COM | Batang Kuis - Bupati H Ashari Tambunan didampingi Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar membuka secara resmi Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-54 tingkat Kabupaten Deli Serdang di Aula Pondok Pesantren Mawaridussalam, Desa Tumpatan Nibung Kec. Batangkuis, Senin (22/2). Peresmian ditandai pemukulan beduk dilakukan Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan diawali pembacaan ayat suci Al-Quran dengan qoriah siswi Praja IPDN, Rahma Mayani Dalimunthe.

 

Hadir juga Ketua DPRD Deli Serdang  Zakky Shahri SH, Forkopimda Deli Serdang, Ketua TP PKK Hj Yunita Ashari Tambunan, Wakil Ketua TP. PKK Hj. Sri Pepeni Yusuf Siregar, Sekdakab Darwin Zein S.Sos, Ketua Dharma wanita Persatuan Ny. Herawati Darwin Zein, para Asisten,Kepala OPD,kabag,Camat, Pimpinan Pondok Pesantren Mawaridussalam Drs. KH. Syahid Marqum, MM, Ketua MUI Deli Serdang Dr H Aripin Marpaung, Tokoh agama dan masyarakat dan Ormas Islam.


Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan mengatakan, Alquran sebagai sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan tidak akan pernah habis untuk digali dan dikaji. Keluhuran nilai-nilai ajaran dalam Alquran sebagai pedoman dan pandangan hidup, perlu terus ditumbuh kembangkan melalui proses pendidikan baik formal maupun nonformal.


 Baca Juga 

>>>  Rugikan Negara Rp2,7 M, Kejari Medan Tetapkan Bendahara Puskesmas Sebagai Tersangka

>>>  Kapoldasu Irjen Martuani Sormin Resmikan Pembangunan Gereja Oikumene SPN Hinai Langkat

>>>  Bupati Ashari Tambunan Ajak Masyarakat Deli Serdang Mantapkan Komitmen Bersama Dalam Laksanakan Pengelolaan Sampah


“Atas dasar itulah MTQ digelar secara rutin setiap tahun bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, sekaligus pengamalan isi dan kandungan tersurat maupun tersurat dalam kitab suci Alquran,” ungkap H Ashari Tambunan


loading...


Oleh karena itu, hendaknya kegiatan MTQ ini jangan hanya dijadikan sebagai wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Alquran semata. Akan tetapi lebih dari itu harus membumikan Al-Qur’an sekaligus memberikan pemahaman mendalam kepada masyarakat khususnya umat Islam untuk lebih memahami isi kandungan serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Bupati juga mengingatkan saat ini bangsa dan negara termasuk Kabupaten Deli Serdang tengah dilanda pandemi covid-19. Kondsi itu harus disikapi secara arif dan bjaksana sehingga tidak menjadi penghalang serta mengurangi makna penyelenggaraan MTQ ke-54

 

“Untuk itu, saya berpesan kepada seluruh kita khususnya panitia dan peserta, untuk tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan sehingga penyelenggaraan Musabaah Tilawatil Quran ke-54 Kabupaten Deli Serdang ini dapat terlaksana dengan aman, lancar dan sukes,” ucapnya.

 

Ketua DPRD Deli Serdang Zakky Shahri SH mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung dan menyemarakan MTQ ke-54 yang akan berlangung ini. Sehingga tujuan yang terkandung dalam pergelaran MTQ tersebut dapat kita capai dengan sebaik-baiknya.

 

Ketua DPRD Deli Serdang juga berharap kepada semua pihak meskipun dalam pandemi Covid 19 ini,event ini masih kita selenggarakan tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan. Untuk itu, MTQ yang kita selenggarakan pada hari ini jangan kita anggap seremonial saja akan tetapi sebagai wahana melahirkan qori-qoriah yang berprestasi untuk event yang lebih tinggi lagi serta dapat mengharumkan nama baik Kabupaten Deli Serdang.


Sebelumnya Ketua Panitia MTQ ke-54 Kabupaten Deli Serdang, melalui Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra),  Mukti Ali Harahap menguraikan, pelaksanaan MTQ dilaksanakan tanggal 22-26 Februari 2021 bertempat di Pondok Pesantren Mawaridussalam dan sejumlah masjid juga sekolah di Desa Sena, Tumpatan Nibung, Tanjungsari dan Bintang Meriah di wilayah Kecamatan Batang Kuis.


Mengusung tema “Melalui MTQ ke-54 kita wujudkan SDM unggul, profesionl dan insan Qurani menuju Deli Serdang maju, sejahtera, religius dan rukun dalam kebinekaan”, MTQ bertujun untuk mengembangkan kemampuan seni baca Alquran dengan baik dan benar, sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam ilmu tajwid.


Tujuan lainnya juga agar mampu memahami makna dan kandungan yang terdapat dalam Alquran, digunakan sebagai landasan spiritual untuk membangun kehidupan masyarakat religius dan rukun dalam kebhinekaan serta membentuk sikap juga perilaku akhlak karimah tuntunan Alquran dan sunnah Rasulullah SAW. Dan tujuan terakhir , menjadikan wadah silaturahmi  dan kebersamaan menuju kehidupan yang religius dan rukun dalam kebhinekaan.”Ucap Mukti

 

Mukti juga menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Kabupaten Deli Serdang terutama masyarakat Kecamatan Batang Kuis yang disadari sangat ingin mengikuti dan menyiarkan MTQ. Namun dikarenakan dalam situasi pandemi covid-19, penyelenggaraannya bersifat terbatas dan pembukaan hanya dihadiri 200 undangan.


“Untuk itu kami mohon maaf kepada semua pihak terutama masyarakat Batang Kuis yang kami sangat sadari tentu sangat ingin mengikuti dan menyiarkan MTQ ini.


Hosting Unlimited Indonesia  


Sedangkan Cabang MTQ yang diperlombakan meliputi Cabang Tilawatil Qur’an, Qira’at Al-Qura’an, Hifzil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Khath Al-Qur’an,Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an, Tafsir Al-Qur’an dan Musabqah Al- Hadist. (Wilmar Tambunan)

 
Komentar

Berita Terkini