-->
    |
Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.
Loading...

Luar Biasa ! 70 Persen Penjualan Mobil Honda di Indonesia Masa Pandemi Dicapai dari Jalur Online

 

Ket Foto : Mobil Honda Brio

MEDIAPENDAMPING.COM, JAKARTA – Penjualan online makin vital bagi Honda, selama masa pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia. Kontribusinya semakin tinggi mendekati akhir 2020.

Yusak Billy selaku Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan kontribusi jalur online terhadap penjualan mereka sepanjang Januari – November sudah mencapai di atas 70 persen. Mayoritas konsumen mereka kini melakukan berbagai tahap akuisisi kendaraan, mulai dari mencari hingga memesan, secara digital.


Dengan kondisi pandemi yang masih berlanjut hingga 2021, Honda pun bersiap melanjutkan penjualan berbasis online. Mereka masih akan mengandalkan kolaborasi dengan berbagai situs jual-beli digital (e-commerce).

“Penjualan berbasis online akan kami teruskan. Masih akan berkolaborasi dengan para e-commerce. Belum memutuskan hubungan,” ucap dia dalam konferensi pers virtual beberapa waktu lalu.


Sepanjang 11 bulan kemarin, penjualan mobil Honda secara retail (dari dealer ke konsumen) mencapai 69.564 unit. Penurunannya sekitar 49 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year) sebagai efek dari pandemi virus Corona (Covid-19), tetapi penjualan terus menunjukkan perbaikan selama enam bulan terakhir.


Adapun pasar mobil nasional secara retail menurut pabrikan tersebut adalah 509.788 unit. Penurunannya mencapai 45,89 persen secara year on year—dari 942.170 unit—jika melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).


Brio menjadi penyumbang penjualan terbanyak Honda dengan volume 36.744 unit. Kontribusinya menyentuh 52,82 persen.


City car andalan Honda ini tak hanya memiliki performa bagus untuk internal perusahaan. Brio juga diklaim sebagai mobil terlaris di Indonesia selama Januari – November.


Model yang menjadi kontributor penjualan terbanyak selanjutnya bagi Honda adalah HR-V. SUV kompak tersebut laku 11.334 unit unit atau 16,3 persen dari total transaksi jual – beli.


Honda, pada 2020, hanya merilis satu model baru. Adapun modelnya ialah Civic hatchback RS yang meluncur pada Februari.


Menurut Honda, pandemi telah memaksa mereka merombak banyak rencana bisnis. Honda berharap bahwa segala rencana bisnis pada 2021 bisa berjalan dengan lancar termasuk rencana peluncuran produk baru.(Donald)





Source : Mobil123.com

 
Komentar

Berita Terkini