-->
    |
Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Skutik Supaya Irit Bahan Bakar Yang Dianggap Boros Ini Tipsnya

 


MEDIAPENDAMPING.COM - Skuter matik menjadi jenis motor dengan penjualan terbanyak di pasar roda dua Tanah Air. Tidak mengherankan, pasalnya roda dua jenis ini memang terkenal lebih nyaman digunakan, hanya tinggal gas langsung jalan.


Namun, ada pendapat lain terkait skutik, yaitu dianggap tidak irit bahan bakar. Namun, perlu diketahui bahwa dengan beragam teknologi baru yang diadopsi kendaraan jenis ini membuat umur mesin lebih panjang dan penggunaan bahan bakar lebih irit.


Keunggulan dari skutik tersebut akan dirasakan ketika motor dalam kondisi puncaknya, maka itu jangan sampai alpa merawat secara berkala.


Berikut cara memperlakukan skutik agar awet dan terjaga performanya, seperti disitat dan laman resmi Federal Oil:


1. Panaskan mesin sebelum digunakan sekitar 1 sampai 3 menit agar komponen didalam mesin terlumasi dengan baik, suhu mesin yang ideal membuat pembakaran homogen yang berujung pada penggunaan bahan bakar yang efisien.


2. Jangan membuka memutar gas secara mendadak, selain menyebabkan penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros juga membuat masa pakai komponen di dalam mesin dan unit transmisi menjadi lebih pendek, jika akan menambah kecepatan lakukan secara bertahap.


Rutin periksa Accu

3. Rutin memeriksa tegangan accu, karena skutik dengan teknologi injeksi amat bergantung pada arus listrik yang disalurkan accu. Bila tegangan accu tidak sesuai dengan anjuran pabrik maka umur pakai motor menjadi lebih pendek.


4. Rutin memeriksa unit transmisi yang merupakan salah satu komponen vital skutik, pastikan seluruh komponen sesuai dengan anjuran pabrik agar performa motor selalu baik dan irit bahan bakar.


5. Cek tekanan angin ban, karena jika kurang maka mesin akan lebih berat kerjanya. Salah satu akibatnya penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros.


6. Gunakan selalu pelumas berkualitas.



Sumber : Liputan6

 
Komentar

Berita Terkini