|

Loading...

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.

Cegah Kebotakan Sedini Mungkin Dengan Konsumsi Buah

 

Ilustrasi Rambut Menipis

MEDIAPENDAMPING.COM - Perubahan kondisi rambut terjadi seiring bertambahnya usia. Salah satunya adalah kepala botak yang disebabkan oleh rambut rontok.

Ahli kesehatan dari Beyond Medical Centre, Kensington, Inggris, Bashar Bizrah mengatakan, penyebab rambut rontok paling umum adalah faktor genetik.

Kerontokan disebabkan oleh penipisan dan kondisi kulit kepala. "[Kerontokan] bisa dicegah," ujar Bizrah, melansir Daily Mail.

Pencegahan bisa dilakukan dengan mengonsumsi beberapa buah.

Jenis buah yang bisa membantu memperlambat kebotakan sekaligus menjaga kesehatan kulit kepala.


1. Pepaya

Buah yang mudah ditemui di lingkungan tropis ini tak sekadar memberikan rasa manis, tapi juga manfaat kesehatan buat rambut. Kandungan vitamin C pada pepaya membantu tubuh memproduksi kolagen dengan kombinasi asam amino yang biasanya ditemukan pada daging sapi, ayam, ikan, kacang-kacangan, telur, dan produk susu.


"Pepaya kaya akan vitamin C. Satu buah pepaya besar mengandung 235 miligram vitamin C, yang dua kali lebih banyak daripada satu buah jeruk," tutur Bizrah.


Kolagen tak hanya membantu pertumbuhan rambut baru tetapi juga menjaga dermis tetap kuat. Dermis merupakan lapisan tengah kulit yang jadi tempat akar rambut menancap.


2. Persik

Kunci untuk menjaga kesehatan kulit kepala adalah dengan menjaga kelembapannya. Kulit kepala mengandung kelenjar minyak yang memproduksi sebum. Nama terakhir merupakan minyak alami yang membasahi setiap helai rambut.


3. Apel

Sebutir apel bisa menjauhkan Anda dari penyakit sekaligus masalah rambut. Apel mengandung vitamin A, B, dan C sebagai tiga vitamin vital untuk rambut sehat. Antioksidan pun menjaga tubuh dari radikal bebas dan membantu produksi sel baru.


Sebuah studi pada 2002 di Jepang melihat bagaimana apel membantu pertumbuhan rambut. Berdasarkan riset yang dilakukan peneliti di Tsukuba Research Laboratory, Jepang,

apel mengandung procyanidin B-2, komponen yang mendorong pertumbuhan rambut.


"Jika sebum pelembap ini tak cukup, kulit kepala bakal 'menderita'. Persik bisa melawan ini karena banyak mengandung vitamin A dan C, keduanya adalah pelembap alami yang baik," kata Bizrah.


4. Kiwi

Kiwi adalah salah satu buah yang banyak mengandung banyak vitamin dan kaya akan antioksidan. Di dalamnya terdapat kandungan vitamin A, vitamin E, vitamin K, dan antioksidan flavonoid seperti beta karoten, lutein, serta xanthin.


Bizrah mengatakan, manfaat kiwi ditambah pula dengan kandungan banyak mineral di dalamnya seperti zinc, magnesium, dan fosfor. Mineral-mineral ini bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga akar rambut semakin kuat.


"Riset itu masih jadi kontroversi dan perlu riset lanjutan. Tetapi untuk kebutuhan kesehatan rambut, tak ada salahnya makan satu apel per hari," imbuh Bizrah.


5. Nanas

Paparan radikal bebas turut mengakibatkan kerusakan pada folikel rambut. Untuk melawannya, tubuh membutuhkan antioksidan.

Tak hanya kaya akan nutrisi seperti vitamin C, B6, dan mangan, nanas juga kaya antioksidan.


 
Komentar

Berita Terkini