-->
    |

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.
Loading...
DomaiNesia

Resep Jitu Menjadi Pribadi yang Lebih Optimis


Medan, MEDIAPENDAMPING.com - Menjadi optimis bukanlah perkara mudah yang dapat dilakukan oleh banyak orang. Ada orang yang memang dilahirkan dengan sifat selalu optimis atau terbentuk seperti itu karena lingkungan sekitarnya. Namun ada juga yang karena teman dan keluarganya selalu bersikap pesimis, akhirnya mereka menjadi ikut memiliki karakter yang pesimis pula.

Hidup akan menjadi lebih menyenangkan apabila kita dapat menjadi pribadi yang lebih optimis. Nah, melansir dari Very Well Mind, berikut  cara agar kalian bisa menjadi orang yang lebih optimis. Yuk, disimak!

1. Pikirkan bahwa kekuatan kalian bisa membawa hal positif lainnya

Untuk berpikiran optimis, kalian harus berpikiran terbuka mengenai kekuatan kalian. Dengan kekuatan dan keahlian yang kalian miliki, apakah kalian bisa menemukan hal lain yang bisa kalian kerjakan untuk meningkatkan hal positif yang bisa kalian lakukan?

Contohnya, apakah ada hal positif lain yang bisa kalian lakukan dari kepintaran, keahlian main musik, atau memasak misalnya yang kalian miliki?

2. Minimalisir yang negatif 

Ketika terjadi kegagalan dalam hidup, pastikan kalian melakukan evaluasi terhadap kegagalan tersebut. Dengan melakukan evaluasi, kalian akan mengetahui apa penyebab dari kegagalan kalian. 

Ketika kalian sudah mengetahui apa yang menjadi penyebab dari kegagalan kalian, maka kalian bisa meminimalisir hal negatif yang kalian lakukan agar kesalahan yang sama tidak terulang kembali. 

Contohnya, ketika kalian mendirikan sebuah bisnis kemudian dalam beberapa aspek bisnis tersebut mengalami kegagalan, maka kalian wajib mengevaluasi kesalahan apa yang terjadi. Apakah kesalahan teerjadi karena kalian tidak teliti, ataukah kesalahan terjadi karena kalian teledor? 

Dari evaluasi tersebut, kalian jadi menemukan dua sikap negatif kalian d imana kalian tidak teliti dan ceroboh yang nantinya bisa kalian minimalisir dengan berlatih, supaya kalian tidak ceroboh dan menjadi orang yang lebih teliti lagi.

3. Analisis pikiran dan berikan diri kalian penghargaan 

Ketika terjadi hal yang positif dalam hidup kalian, maka berhentilah sejenak untuk menganalisis proses berpikir kalian. Apakah kalian sudah memberikan penghargaan terhadap diri kalian sendiri karena pencapaian yang telah diperoleh?

Lakukan analisa mengenai bagaimana sejauh ini kekuatan dan pikiran kalian mampu membawa kalian menuju kesuksesan tersebut. Dengan memberikan penghargaan pada diri sendiri, kalian akan menjadi lebih terpacu lagi untuk lebih bersifat optimis, karena ternyata kalian mampu mencapai kesuksesan yang diinginkan. 

4. Pikirkan masa depan yang akan terjadi 

Jika kalian merasa pesimis menjalani kehidupan, cobalah pikirkan masa depan kalian dimana kalian memiliki begitu banyak kesempatan untuk berhasil dan menerima kesuksesan karena keahlian yang dimiliki. 

Kalianlah yang memegang kunci kesuksesan kalian sendiri. Ketika kalian berusaha semaksimal yang kalian bisa, maka percayalah bahwa kalian akan memperoleh kesuksesan kalian sendiri di masa depan dan akan menuai hasil yang kalian tabur selama ini. 

 
Komentar

Berita Terkini