|

Loading...

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.

Punya Bakat Menulis? 5 Situs Yang Siap Bayar Tulisan Artikelmu



MEDIAPENDAMPING.com - Bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan dengan menjadi penulis bisa mulai dengan menjadi penulis lepas online.

Selain mendapat pekerjaan dari situs-situs freelance, kamu juga bisa menjual artikel secara online ke situs-situs yang mau mebayar tulisanmu.

Ada 5 situs yang masih aktif loh yang menerima tulisan untuk dibayar. Angka dan sistem pembayarannya pun bervariasi, bahkan ada situs yang mengklaim bisa membayar kamu hingga Rp10juta per bulan.

Untuk kamu yang penasaran ingin mencoba menulis artikel dan dibayar, yuukk kamu bisa mulai mengirim artikelmu ke situs-situs ini. Lumayan loh buat menambah penghasilan.

1. UC News
UC News merupakan portal berita dan artikel yang menawarkan sistem pengisian konten oleh kontributor melalui layanan UC We- Media.

Sebelum berkontribusi menulis untuk UC News kamu harus mendaftar dulu di aplikasi ponsel. Saat pendaftaran kamu harus menyertakan foto KTP dan foto diri. Kamu juga harus memilih topik yang menjadi minat kamu menulis.

Setelah mendaftar kamu harus menunggu approval selama 48 jam sebelum mulai menulis. Ada dua cara untuk mendapatkan penghasilan dari UC News.

Pertama, kamu harus terikat buat menulis minimal 20 artikel asli per bulan. Kedua, kamu mendapatkan bagi hasil dari iklan yang dipasang UC News di artikel kamu. 

Pihak UC News tidak memberikan informasi berapa harga yang mereka bayar untuk satu artikel, namun UC News mengklaim penulis bisa mendapatkan Rp10 juta per bulan.

2. Basabasi.co
Basabasi.co merupakan situs yang menyajikan tulisan lengkap mulai dari puisi, esai, resensi, cerpen, sampai artikel. Tiap jenis tulisan mereka hargai berbeda. 

Melihat tulisan-tulisan yang ditambilkan basabasi.co, kamu akan langsung tahu kalau mereka memang menaruh minat pada tulisan-tulisan berkualitas.

Bahkan yang mereka sebut artikel ringanpun punya topik yang mendalam, kamu tidak akan menemukan artikel-artikel clickbait di situs ini. 

Kalau kamu ingin menulis artikel dan dibayar, situs ini juga menyediakan bayaran yang cukup menggiurkan, yaitu Rp200 ribu per artikel ringan sebanyak 3-4 halaman.

Bayarannya cukup tinggi, karena mereka akan menyeleksi tulisanmu sebelum diterbitkan. Caranya, simak langsung di situs resminya.

Punya minat lain selain menulis artikel? Kirim hasil karyamu yang lain, situs ini menyediakan fee sampai Rp300 ribu untuk tulisanmu. 

3. Geotimes
Dalam situsnya, Geotimes mengklaim platformnya sebagai portal kolom populer dan terkini tentang tokoh dan kebijakan publik.

Portal ini mengundang para penulis dengan analisis tajam mengenai isu agama, ekonomi, politik, sosial, dan media untuk menulis opini sebanyak 750-1000 kata.

Artikel yang kamu buat untuk Geotimes harus bersifat argumentatif dengan menyertakan tesis dan call for action.

Setelah kamu mendaftarkan artikelmu, pihak redaksi akan mengkurasi apakah artikelmu layak tampil dalam kurun waktu paling lambat dua minggu.

Kalau artikel opinimu ditampilkan maka honor yang kamu terima sebesar RP350 ribu. Jika Geotimes menganggap kamu emang ahli dalam bidang yang kamu tulis, honormu bisa mencapai Rp1 juta. 

Geotimes mengusung kode etik jurnalistik dalam menyunting tulisan-tulisan yang masuk maka pastikan kamu membaca pedoman media siber mereka sebelum menulis. Tulisan yang berbau SARA dijamin tidak lolos seleksi di portal ini.

4. Remotivi.or.id
Kamu tertarik menulis untuk menyoroti topik media, maka Remotivi.or.id adalah wadahnya.

Di laman “menulis untuk kami”, portal ini menjelaskan bahwa mereka menerima tulisan dari berbagai kalangan yang memiliki kepedulian kepada isu media.

Serupa dengan Geotimes, Remotivi bersedia membayar tulisan argumentatif dengan penjabaran yang runut dan ilmiah, namun ditulis dengan gaya non-akademis. Secara garis besar, Remotivi mengharapkan tulisan dengan ide menarik, berbobot dan dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk berkontribusi, kamu bisa mengirimkan tulisanmu ke redaksi@remotivi.or.id. Kemudian kamu harus menunggu selama lima hari kerja untuk mengetahui apakah tulisanmu akan terbit atau tidak.

Walaupun tidak menyebutkan besar honor untuk penulis, namun sebuah sumber menyebutkan bahawa Remotivi bisa membayar Rp350 ribu – Rp1,5 juta untuk tulisan 800-2000 kata. 

Kalau dalam sebulan ada 20 saja tulisanmu yang terbit maka penghasilanmu sudah lebih besar dari UMP Jakarta.

5. VoxPop.id
Voxpop Indonesia menyajikan konten yang bersifat opini dengan sudut pandang segar dan menarik. Sesuai slogan mereka, VoxPop.id merupakan tempat berbagi pandangan, cerita dan kenangan.

Jika kamu memiliki kemampuan menulis dengan perspektif segar namun tidak terlalu satire, maka VoxPop bisa menjadi tempat yang cocok untuk menerbitkan tulisanmu. 

Honor yang bisa kamu terima kalau tulisanmu diterbitkan juga lumayan, sekitar Rp250 ribu per tulisan. Bisa buat tambahan uang jajanmu.

Memilih media untuk menerbitkan tulisanmu bisa disesuaikan dengan tujuanmu menulis. Kamu bisa menulis artikel-artikel ringan jika tujuanmu hanya untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Namun jika kamu mau menulis artikel dan dibayar sebaga profesional, maka pilihlah media-media yang terkenal mengkurasi tulisan yang diterbitkan.

Yukkk Segera Menulis..
 
Komentar

Berita Terkini