|

Loading...

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.

Ibukota RI Pindah ke Bagian Tengah Indonesia, Agustus Peletakan Batu Pertama ?

Presiden jokowi saat meninjau lokasi calon ibukota Negara  yang berada di Tumbang Talaken , kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Maa, Kalimantan Tengah
PALANGKARAYA, MEDIAPENDAMPING. com - Rencana pemerintah pusat memindahkan Ibukota Republik Indonesia tidak lagi sekedar wacana. Dua lokasipun sudah dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo. Bukit Soeharto, Kalimantan Timur dan Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Dilansir dari antaranews,pada Senin (29/7/2019), Presiden RI, Joko Widodo akhirnya sudah memutuskan Ibukota Republik Indonesia pindah ke Pulau Kalimantan.

Menurut antaranews, keputusan tersebut diambil selain mempertimbangkan aspek geografis kalimantan yang berada di tengah Indonesia, juga terkait pertimbangkan lain seperti kebencanaan, sosial politik serta ketersediaan air.

Sementara itu, isu beredar pada bulan Agustus 2019 mendatang akan dilakukan peletakan batu pertama dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok alias BTP ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai Ketua Tim Percepatan Pembangunan Ibukota baru tersebut.

Isu tentang rencana peletakan batu pertama untuk ibu kota baru di Kalimantan pada bulan depan langsung dibantah oleh Menterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Basuki menjelaskan, peletakan batu pertama (groundbreaking) pada Agustus 2019 mustahil karena diperlukan perizinan dari berbagai pihak, yang memakan waktu lama.

“Harus izin DPR dulu dan harus ada undang-undangnya. Tidak semudah itu. Mungkin bulan depan Presiden (baru) akan menyampaikan program ini dalam pidato. Mungkin,” ujarnya seperti dikutip, tempo.co, Senin (29/7/2019).

Menurut Basuki, program pemindahan ibu kota ini akan disampaikan dalam pidato kenegaraan pada bulan depan untuk disosialisasikan lebih lanjut. Basuki mengatakan bahwa seusai rapat dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dalam waktu dekat, data-data terkait pemindahan ibu kota sudah lengkap.


 
Komentar

Berita Terkini