-->
    |
Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

6 Langkah Obati Pecandu Narkoba agar Sembuh Total

Olah raga salah satu alternatif mengobati kecanduan narkoba

MEDIAPENDAMPING.com - Cara Menyembuhkan Pecandu Narkoba Secara Alami_ Narkoba merupakan yang terlarang untuk dikonsumsi karena dapat mengakibatkan kecanduan dan dampak yang serius bagi kesehatan, selain itu agama dan lingkungan pun melarang keras keberadaan barang tersebut.

Narkoba merupakan obat atau zat yang berasal dari tanaman dan juga ada yang berasal dari bukan tanaman, meski begitu narkoba mempunyai efek dan dampak yang sama yaitu lebih banyak negatifnya dari pada positifnya. Pada umunya narkoba bisa mengakibatkan penggunanya hilang kesadaran, menghilangkan rasa nyeri, dan bisa mengakibatkan ketergantungan yang tinggi. Narkotika di bagi menjadi 3 golongan yaitu golongan 1, golongan 2, golongan 3.

Golongan 1. Narkotika jenis ini hanya dapat di gunakan untuk ilmu penelitian dan tidak di gunakan untuk therapi dan sangat tinggi menimbulkan ketergantungan. Contohnya adalah Ganja, Cocain, Heroin, Extacy, LSD, Opium

Golongan 2. Narkotika jenis ini adalah bisa digunakan untuk pengobatan dan banyak digunkan untuk therafi dan pengembangan ilmu pengetahuan yang mempunyai potensi tinggi yang bisa mengakibatka ketergantungan. Contohnya Morfin, Petadin

Golongan 3. Narkotika jenis ini yang biasa digunakan untuk pengobatan dan terafi, bisa digunakan untuk ilmu pengetahuan yang mempunyai potensi ringan mengakibatkan ketegantungan. Contohnya Codein, Bufrenofin.

Narkotika juga bisa digunakan untuk penelitian , medis, dll. Namun dalam Undang Undang juga di atur mengenai narkotika yang memiliki, diproduksi, dibawa, digunakan tidak sesai aturan atau secara melawan.

Dampak Narkoba Bagi Kesehatan

Banyak pengguna obat obatan ini awalnya tergoda ingin merasakan kesenangan atau sebagai pelarian di kala kondisi hidup tidak sesuai yang di inginkan maka banyak orang yang mengkonsumsi narkoba supaya bisa berkhayal dan bisa menghilangkan depresi sementara. Dampak narkoba bagi kesehatan memang sudah tidak di ragukan lagi, berikut adalah dampak narkoba bagi kesehatan :

Mengganggu kondisi otak dan tubuh. Narkoba bisa mempengaruhi kemampuan sesorang untuk menjalani hidup sehat dan mengambil keputusan yang benar

Perubahan sel syaraf dalam otak. Konsumsi narkoba dalam jangka panjang akan memicu perubahan pada sel syaraf dalam otak , yang kemudian dapat mengganggu komunikasi antara sel syaraf.

Bingung ingatan, kehilangan ingatan, kebingungan, perubahan perilaku, koordinasi tubuh terganggu dan menurunnya tingkat kesadaran.

Halusinasi. Penggunaan narkoba dapat menyebabkan efek samping halusinasi, peningkatan tekanan darah dan denyut nadi, efek jangka panjang narkoba dapat merusak otak dan gangguan piskis.

Kejang Kejang Hingga Kematian. Penyalahgunaan narkoba jenis sabu sabu, opium, dan kokoain dapat menyebabkan efek buruk bagi kesehatan sampai berujung kematian.

Pemeriksaan

Langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengobati pecandu narkoba adalah dengan melakukan pemeriksaan oleh dokter dan terapis. Tujuan dari tahap ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kecanduan si pemakai narkoba tersebut, pun menganalisis efek samping yang dirasakan.

Apabila ternyata si pecandu narkoba alami depresi, halusinasi, dan gangguan perilaku lainya, maka terapis akan melakukan konseling terlebih dahulu. Setelah itu, baru dilakukan rehabilitasi untuk menghilangkan candu narkoba tersebut.

2. Detoksifikasi

Cara mengobati pecandu narkoba selanjutnya yakni detoksifikasi. Tahap detoksifikasi adalah tahapan yang cukup sulit. Pada tahap ini, pengguna narkoba harus benar-benar bebas 100 persen dari konsumsi obat-obatan terlarang tersebut. Disinilah biasanya pengguna akan merasakan ‘siksaan’ yang ditandai dengan sakit badan dan mual.

Tak hanya itu, pemakai juga akan mengalami tekanan psikologis akibat tidak adanya asupan narkoba yang biasa ia pakai untuk menenangkan diri. Pada kondisi ini, dokter akan memberikan obat untuk meringankan efek samping tersebut. Pecandu narkoba juga diminta mengonsumsi banyak air putih dan makanan bergizi untuk membantu pemulihan.

Lama proses detoksifikasi ini bergantung pada tingkat kecanduan dari si pemakai, pun niat dan tekadnya untuk mau sembuh.

3. Stabilisasi

Setelah pecandu narkoba berhasil melewati tahap detoksifikasi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan  stabilisasi. Tujuan dari stabilisasi adalah untuk pemulihan jangka panjang dari si pemakai. Disini, dokter akan memberikan resep obat yang harus dikonsumsi oleh pengguna narkoba dalam jangka waktu tertentu.

Dokter akan menggunakan pendekatan kepada pecandu narkoba perihal rencana masa depan pasca terbebas dari jerat narkoba. Hal ini dimaksudkan agar mental dapat terjaga dan pelaku enggan untuk kembali menggunakan narkoba di masa mendatang.

4. Pengelolaan Aktivitas

Setelah dilakukan tahapan di atas, pecandu narkoba yang sudah sembuh akan kembali melakukan aktivitas kesehariannya secara normal. Akan tetapi, hal ini tidak serta merta membuat ia lepas begitu saja dari bayang-bayang narkoba. Kebanyakan Eks pecandu narkoba yang sudah sembuh kembali lagi mengonsumsi narkoba di kemudian hari.

Pengawasan dari orang-orang sekitar dan keluarga sangat dibutuhkan bagi pecandu narkoba yang sedang berada di masa-masa awal pasca sembuh. Hal ini untuk memastikan agar mereka tidak lagi bergaul di tempat yang salah dan kembali terjerumus ke dunia gelap narkotika. Begitulah cara mengobati pecandu narkoba yang membutuhkan peran serta orang lain selain tenaga medis.

5. Olahraga

Kegiatan olahraga juga bisa cara mengobati pecandu narkoba untuk benar-benar bisa lepas dari konsumsi narkotika. Alih-alih pecandu narkoba tidak melakukan aktivitas sama sekali yang malah semakin membuat badan lemas, pikiran stress, dan terbayang-bayang efek samping pemakaian narkoba yang bisa menciptakan ketenangan, lebih baik lakukan aktivitas olahraga untuk mengalihkan pikiran negatif tersebut.

Pecandu narkoba bisa melakukan berbagai aktivitas olahraga, mulai dari lari, berenang, atau latihan angkat beban di pusat kebugaran. Selain pikiran teralihkan, olahraga juga bisa memulihkan kondisi tubuh yang sebelumnya buruk akibat konsumsi narkoba.

6. Terapi Akupunktur

Terapi akupunktur yang berasal dari Tiongkok ini juga dinilai efektif dalam membantu seseorang untuk sembuh dari kecanduan narkoba. Dengan menusukkan jarum-jarum kecil ke sejumlah titik tekan pada badan, akupunktur mampu meredam rasa tidak nyaman yang dirasakan akibat putus obat.

Karena akupunktur juga bagian dari pengobatan alternatif, baiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter terkait sebelum menerapkan cara mengobati pecandu narkoba yang satu ini.





 
Komentar

Berita Terkini