|

Loading...

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.

Kenali Yukk Makanan dan Buah Untuk Asam Lambung

Aneka jenis buah - buahan yang bernilai gizi tinggi
MEDIAPENDAMPING.com - Akibat salah memilih makanan, termasuk buah-buahan, bisa membuat asam lambung naik loh. Ini bisa menyebabkan gejala penyakit asam lambung kambuh. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui makanan dan buah untuk asam lambung yang aman dikonsumsi.

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) salah satu masalah kesehatan yang cukup sering terjadi di masyarakat. Penyakit yang menimpa organ lambung ini bisa menimbulkan nyeri ulu hati (heartburn) atau sensasi perih dan panas di dada diakibatkan naiknya asam lambung menuju kerongkongan.

Jadi cara meringankan dan mencegah munculnya gejala, penderita penyakit asam lambung harus menerapkan pola makan yang baik, termasuk dengan memilih makanan yang dikonsumsi dengan bijak, guna mencegah naiknya asam lambung.

Ada beberapa jenis Makanan dan Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung, yaitu :

1. Sayuran hijau

Asam lambung dapat meningkat saat terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan manis. Oleh karena itu, sayuran hijau yang kaya serat dan tidak mengandung lemak maupun gula, seperti bayam, kacang panjang, brokoli, selada,  dan kentang, merupakan makanan yang tepat dikonsumsi untuk penderita asam lambung.


2. Tanaman herbal

Ada beberapa tanaman herbal yang dapat membantu meringankan gejala penyakit asam lambung, yaitu jahe, adas, dan lidah buaya. Tanaman Jahe dikenal memiliki efek antiradang dan meredakan mual, sehingga lumayan ampuh untuk mengurangi gejala penyakit asam lambung.


Adas juga bisa membantu menetralkan keasaman (pH) lambung, sehingga dapat mengurangi gejala asam lambung yang meningkat. Lidah buaya juga terkenal sebagai tanaman herbal untuk menangani penyakit asam lambung karena dapat mengurangi peradangan dan melindungi lapisan dinding lambung.

3. Buah Pisang

Buah yang rasanya lezat ini serta harganya yang terjangkau membuat pisang menjadi salah satu buah favorit banyak orang. Bukan hanya itu saja, pisang juga menjadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk penderita penyakit asam lambung.


Pisang memiliki pH 5,6 yang mendekati pH netral, buah pisang ini bisa membantu meringankan gejala penyakit asam lambung.

4. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat yang sangat baik bagi penderita penyakit asam lambung. Kandungan Serat ini diyakini bisa menyerap asam lambung, sehingga mampu meredakan gejala penyakit asam lambung.

Dan bukan hanya itu, kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan pada oatmeal juga bisa menurunkan berat badan, mengurangi kadar gula darah dan kolesterol, serta mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

5. Daging tanpa lemak dan ikan

Daging ayam, Sapi dan ikan yang diolah dengan cara dipanggang, dikukus, atau direbus bisa juga menjadi makanan yang baik untuk penderita asam lambung. Seafood yang rendah lemak juga baik untuk dikonsumsi, kalau bisa jangan digoreng dan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Untuk membantu mengurangi asam lambung, konsumsilah lemak sehat yang berasal dari minyak biji bunga, minyak zaitun, minyak wijen, alpukat, matahari dan flaxseed .

6. Buah Semangka

Semangka yang manis dan segar juga mengandung banyak air. Dan selain itu, buah ini juga bisa membantu menetralkan keasaaman di dalam lambung, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Selain buah semangka, buah melon dan blewah juga bisa dijadikan pilihan.


7. Buah Apel

Buah Apel mengandung zat kalsium, magnesium, dan kalium yg bisa dipercaya  meredakan gejala asam lambung yang muncul. Untuk mendapatkan manfaat apel yang satu ini, disarankan mengonsumsi buah apel merah sehabis makan atau sebelum tidur, dan pilihlah apel yang rasanya manis.



Jenis Makanan dan Buah yang Perlu Dihindari

Untuk diketahui ada beberapa jenis makanan dan buah justru dapat meningkatkan asam lambung, sehingga bisa menyebabkan kambuhnya gejala penyakit asam lambung. Jadi, sebaiknya hindari makanan yang bisa memicu asam lambung naik, seperti bawang merah, bawang putih, tomat, peppertmint, dan makanan pedas.

Selain itu, hindari juga mengonsumsi buah sitrus atau buah-buahan yang rasanya asam, seperti jeruk dan lemon, agar penyakit asam lambung tidak semakin parah.

Konsumsi buah dan makanan untuk asam lambung yang disebutkan di atas juga harus didukung dengan gaya hidup sehat, yakni dengan tidak merokok, menjauhi minuman beralkohol dan kafein, serta menghindari stres. Makanlah dalam porsi yang lebih kecil, namun lebih sering.

Jika gejala penyakit asam lambung belum juga reda meski sudah mencoba pola makan sehat serta mengonsumsi makanan dan buah untuk asam lambung di atas, berkonsultasilah ke Dokter untuk mendapatkan pengobatan.

 
Komentar

Berita Terkini