-->
    |
Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Hidangan Rumah Yang Aman Bagi Penderita Diabetes

Olahan Tumis Tahu dan Tempe


Diabetes bisa menyebabkan berbagai gangguan organ tubuh. Sehingga penderita diabetes tidak leluasa mengonsumsi berbagai jenis makanan. Mereka harus membatasil asupan gula yang masuk. Banyak penderita diabetes yang bingung soal makanan atau masakan apa yang aman untuk dikonsumsinya.



Diabetes terjadi ketika kadar gula darah yang tinggi atau di atas angka normal. Kondisi dimana glukosa menumpuk di dalam darah disebabkan tidak terserap sel tubuh dengan baik


Berikut ini  beberapa masakan rumahan yang direkomendasikan aman bagi penderita diabetes.



1. Tumis Tahu Tempe Kecap



Tahu dan tempe adalah makanan yang paling umum di Indonesia. Selain karena murah, makanan ini bisa diolah menjadi menu makanan apa saja. Dan tak hanya itu, gizi yang terkandung dari makanan ini cukup tinggi. Tahu dan tempe mengandung isoflavon yang baik untuk memperbaiki resistensi insulin sehingga gula darah dapat terkontrol. Selain itu, serah di dalamnya juga baik untuk memperlambat pergerakan usus halus.



2Tumis Pare


Berdasarkan penelitian dari India yang dipublikasikan di Asian Pasific Journal of Tropical Diasese menemukan, pare bersifat antidiabetes yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah pada diabetes tipe 2. Pare juga mengandung bahan aktif seperti charatin, alkaloid, vicine dan peptida yang mampu memicu aktivitas pelepasan insulin.



Kemungkinan kamu enggan memakan olahan pare disebabkan karena rasanya yang pahit. Namun, bila diolah dengan cara yang benar, rasa pahit itu bisa hilang. Bisa ditambahkan ikan asing pada tumis pare agar citarasa dari tumis pare semakin lezat.



3. Olahan ubi jalar


Ubi jalar adalah  sumber karbohidrat yang ramah untuk penderita diabetes. Satu ubi jalar mengandung 4 gram serat dan sepertiga dari vitamin C harian. Ubi jalar juga merupakan sumber utama vitamin A yang beberapa penemuan menunjukkan bisa meningkatkan fungsi sel yang memproduksi insulin.



4. Tim Ayam Beras Merah



Nasi merah merupakan salah satu makanan yang disarankan bagi penderita diabetes. Alasannya, karena nasi merah tidak melalui proses pemurnian seperti nasi putih sehingga senyawa yang disebut asam fitat tidak terbuang. Senyawa tersebut dapat mengikat mineral, seperti seng, magnesium dan kalsium sehingga tidak terserap tubuh.



Hanya saja rasa nasi merah tidak senikmat nasi putih. Sehingga kamu perlu mengkreasikannya menjadi menu yang tidak membosankan. Salah satunya tim ayam beras merah.



5. Sayur Bayam Jagung



Bayam mengandung lutein yang berguna untuk kesehatan mata. Ini sangat baik karena penderita diabetes memiliki risiko kebutaan yang lebih tinggi daripada yang lain.

Anda bisa memasak bayam jagung sebagai menu makanan. Jagung bisa menjadi pengganti beras yang lebih sehat.





 
Komentar

Berita Terkini