-->
    |
Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.
Loading...

Eldin Tanam Pohon Manggis Sebagai Dukungan atas Pelestarian dan Penghijauan di Hutan Wisata Tinjomoyo

Drs H.T Dzulmi Eldin S. MSi MH sedang menanam pohon manggis di hutan wisata Tinjomoyo

Semarang, MEDIAPENDAMPING.com - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV Asosiasi Pemerintah Kota Indonesia (APEKSI) di kota Semarang, yang berlangsung dari 2 hingga 6 Juli, digabungkan dengan serangkaian kegiatan. Selain diskusi, Indonesia Expo City dan parade budaya, juga dilengkapi dengan penanaman pohon yang dilakukan langsung oleh semua walikota sebagai bentuk kepedulian untuk mendukung pelestarian lingkungan. Sedangkan pohon yang ditanam adalah tanaman khas dari masing-masing daerah.

Aksi penanaman pohon itu dilakukan di hutan wisata Tinjomoyo, kota Semarang, Kamis (4/7/2019) pagi. Walikota Medan, Drs. HT Dzulmi Eldin, M.Si, M.Si, dalam acara yang menjadi agenda rutin setiap kali APEKSI mengadakan rapat kerja regional dan rapat kerja nasional, menanam manggis (garcinia mangostan ), dengan penanaman pohon yang diharapkan dapat mendukung reboisasi dan pelestarian Hutan Wisata Tinjomoyo .

Setelah penanaman pohon berlangsung, Walikota berharap untuk meningkatkan keanekaragaman tanaman biologis di hutan kota terbesar di kota Semarang, yang dulunya adalah kebun binatang dengan luas sekitar 57 hektar. Walikota mengatakan bahwa aksi penanaman pohon ini adalah bentuk komitmen pemerintah kota untuk merawat lingkungan.

"Melalui aksi penanaman pohon ini, jumlah ruang terbuka hijau di masing-masing kota diharapkan terus meningkat, termasuk di kota Medan.Pemerintahan kota Medan berusaha meningkatkan ruang terbuka hijau. air tanah, keberadaan ruang terbuka hijau juga dapat mengurangi polusi udara, "kata walikota.

Kemudian walikota menjelaskan bahwa pohon manggis dipilih untuk ditanam, selain itu pohonnya cukup kuat dan memiliki ketinggian 7 hingga 25 meter, daun pohon manggis juga memiliki banyak naungan, sehingga memungkinkan Menjadi pohon hijau saat membuat Medan Go Greeen. "Selain itu, pohon manggis juga memiliki khasiat kesehatan yang luar biasa," jelasnya.

Penanaman pohon dilakukan oleh Walikota, didampingi oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Sekretaris  Kota Medan, Khairul Syahnan, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, HM Husni, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Ikhsar Lubis, Kepala Dinas Perdagangan Damikrot dan Kepala Bagian Hubungan Kerjasama (Hakda) M Rivai Nasution.

Proses penanaman pohon dilakukan tanpa masalah, karena panitia telah menyediakan lubang yang kemudian akan diisi dengan tanaman. Setelah menanam pohon manggis, Walikota terus menyiram sehingga pohon yang ditanam diharapkan akan tumbuh subur.

Berdasarkan pengamatan di lokasi penanaman, Ketum APEKSI Airin Rachmi Diany menanam pohon putat (planconia valida). Jika tumbuh kemudian, ketinggian pohon ini bisa mencapai sekitar 50 meter dan pohon ini sering digunakan sebagai bahan untuk membuat furnitur, lantai dan panel.
 
Komentar

Berita Terkini