-->
    |



Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.
Loading...
DomaiNesia

Anggaran Pendidikan Cuma Rp 80 Triliun Pembahasan Komisi X DPR RI


Kunjungan kerja reses komisi X DPR RI kekantor  Wali Kota Medan
Medan, MEDIAPENDAMPING.com - Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Reni Marlinawati menyebutkan kalau jumlah Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2019 berjumlah Rp2.439,7 triliun. Berdasarkan amanat UU, 20 % diantaranya dialokasikan untuk anggaran pendidikan yaitu berkisar Rp487 triliun.

Menurutnya, tidak semua nya alokasi anggaran pendidikan tersebut dikelola oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang menjadi mitra kerja Komisi X DPR RI.

"Dari Alokasi anggaran Rp487 triliun hanya Rp80 triliun yang pembahasannya melalui Komisi X karena dikelola Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, selebihnya dikelola Kementrian Keuangan," katanya saat pertemuan di Balai Kota Medan, Jumat (26/7).

Reni Marlinawati menjelaskan kalau alokasi dana pendidikan yang menjadi tanggungjawab Kementrian Keuangan merupakan dana transper ke daerah seperti dana bantuan operasional sekolah (BOS), dana alokasi khusus (DAK) dan sebagainya. "Kami tidak tahu out put (hasil) dari dana transper ke daerah, ini akan dievaluasi kedepannya," sebutnya.

Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution juga ikut memanfaatkan moment kunjungan DPR RI Komisi X tersebut untuk menyampaikan keluh kesah salah satunya terkait pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB).

"Kita tahu kalau tahun ini sudah mulai diberlakukannya sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru. Kami berharap penerapan zonasi tidak kaku, ada fleksibilitas," ujar Akhyar.
 
Komentar

Berita Terkini