|

Loading...

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.

Belum Setahun Menjabat, Bobby Nasution Mampu Bawa UMKM Go Nasional

 

Belum Setahun  Menjabat, Bobby Nasution Mampu Bawa UMKM Go Nasional
Ket. Foto: Belum Setahun  Menjabat, Bobby Nasution Mampu Bawa UMKM Go Nasional
MEDIAPENDAMPING. COM | Medan - Kerja keras yang dilakukan Wali kota Medan Bobby Nasution untuk meningkatkan UMKM di Kota Medan hingga naik kelas mulai membuahkan hasil. Belum  setahun menjabat sebagai orang nomor satu di Pemko Medan, konsep yang ditawarkan  menantu Presiden Joko Widodo  untuk memajukan UMKM mulai mendapat apresiasi. Dengan konsep  yang tengah dijalankan saat ini, UMKM yang terdampak pandemi  Covid-19 dapat bangkit  hingga go nasional. Minggu (02/01/22) 


Hal ini terungkap saat Bobby Nasution tampil sebagai pembicara dalam acara Sharing Pengembangan Ekosistem Start Up Digital di STMIK Primakarya Jalan Tukad Badung Denpasar Bali  di sela-sela kunjungan  APEKSI Outlook Bali 2021,pelaku UMKM dan start up asal Pulau Dewata tersebut memuji konsep yang ditawarkan Bobby  untuk memajukan sekaligus membawa UMKM Kota Medan naik kelas.


Kunjungan dilakukan Bobby Nasution untuk melakukan sharing dan diskusi serta melihat sejumlah pelaku UMKM binaan STMIK dan juga 19 pelaku start up binaan yang ada. Di kesempatan itu, Bobby menjelaskan target  dan upayan yang sedang dilakukan. Salah satunya mendorong pelaku UMKM untuk menggunakan digitalisasi keuangan dalam bertransaksi.


“Dengan penggunaan digitalisasi tersebut diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM dapat mengatur manajemen keuangannya dengan baik. Penggunaan digitalisasi  yang saat ini sedang kami lakukan di Medan,” jelas Bobby Nasution.


Baca juga:

>>  Bobby Nasution Terus Pacu Kecamatan Optimalkan Pelayanan Kebersihan

>>  Pemko Medan Perketat Operasi Prokes Menjelang Libur Tahun Baru 2023


Usai mendengar  pemaparan yang disampaikan Bobby, pelaku UMKM dan start up di Bali langsung tertarik dan ingin berkolaborasi dengan UMKM di Kota Medan, seperti  pemasaran produk maupun transfer teknologi. “Saya sangat senang langkah yang dilakukan Pemko Medan untuk memajukan  sekaligus membawa UMKM naik kelas disambut  pelaku UMKM dan start up di Bali. Tentunya, Pemko Medan terus melakukan kolaborasi seluas-luasnya  guna memujudkan UMKM Medan naik kelas,” ungkapnya.


Upaya yang dilakukan Bobby Nasution  untuk membawa UMKM hingga tingkat nasional mendapatkan apresiasi dan dukungan dari akademisi Administrasi Bisnis Universitas Sumatera Utara (USU) Nicholas Marpaung SAB MSi. Dikatakan Nicholas, UMKM yang diintegrasikan dengan teknologi digital  tentunya sangat bagus. Sebab, segala pertumbuhan dan pengembangan ekonomi baik dari skala mikro sampai ke skala yang besar harus terintegrasi dengan teknologi digital.


“Kalau suatu bisnis mau itu skala mikro atau besar  tidak mengikuti dengan perkembangan teknologi digital, saya rasa akan ketinggalan. Oleh karenanya,  apa yang dilakukan Pak Wali ini memang sudah tepat dan perlu diapresiasi serta tinggal menungu hasilnya saja.  Sekarang yang perlu dilakukan melakukan pendekatan persuasif kepada pelaku UMKM, sehingga  UMKM terintegrasi dengan teknologi terintegrasi,” papar Nicholas.


Selanjutnya, menyikapi  keinginan para UMKM dan start up asal Bali yang ingin berkolaborasi dengan UMKM Medan, kata Nicholas,  merupakan  langkah yang bagus. Bahkan, jika nantinya terjadi kolaborasi antar lintas daerah tersebut, ia optimis   akan membawa berkah sesuai dengan jargon Wali Kota  yakni Medan Berkah.


“Pemko Medan dalam hal ini Pak Wali memang tidak tertutup. Artinya, beliau terbuka dengan segala inovasi baik dari daerah manapun kalau itu memang menimbulkan atau membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi  Kota Medan. Kebijakan Pak Wali ini sudah sangat bagus dan membuka kesempatan bagi putra-putri bangsa dari manapun, termasuk yang ingin datang ke Kota Medan. Tentunya perlu kita apresiasi upaya Pak Wali ini,” jelasnya. (Syamsir) 


 
Komentar

Berita Terkini